PMI DKI Jakarta Terus Menerus Penuhi Stok Kantong Darah

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 24 Oktober 2021 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 338 2490903 pmi-dki-jakarta-terus-menerus-penuhi-stok-kantong-darah-gyrL3fexlr.jpg Geber Donor Darah (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, PMI DKI Jakarta, MNC Peduli dan alumni SMA 4 Jakarta mengadakan aksi 'Geber' atau Gerakan Bersama donor darah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf RI. Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi menyebut tantangan dalam memenuhi kebutuhan kantong darah setiap hari pihaknya bekerja terus menerus.

"Karena 1.000-1.200 (kantong darah) yang harus kita siapkan kan terus menerus kita bekerja hari ini yang dilakukan oleh kawan kawan Alumni SMA 4 Jakarta dan Kemenparekraf direncanakan sekitar 200-250 katong darah," kata Rusef sapaan akrabnya kepada wartawan dilokasi, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: MNC Peduli Gelar Donor Darah Rutin, PMI: Antusiasmenya Tinggi

"Dan terus menerus ada kegiatan kalau tidak kalau katakanlah hari ini saya bilang cukup, tetapi besok kita harus siapkan. Pola pola seperti ini jemput bola seperti ini kita lakukan bekerja sama dengan komunitas masyarakat," tambahnya.

Rusef sapaan akrabnya pun mengajak warga Jakarta dan sekitarnya agar menyumbang darah untuk memenuhi kebutuhan 1.000-1.200 kantong.

Baca juga: Palang Merah Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Syaratnya

"Kita ketahui bahwa setetes darah menyelamatkan nyawa manusia Jakarta khususnya memberikan 1.000-1.200 kantong darah per hari. Oleh karena itu, saya Rustam Efendi Ketua PMI DKI Jakarta mengajak seluruh masyarakat yang peduli sesama mari kita sumbangkan darah kita melalui PMI DKI Jakarta dengan menjadi pendonor darah," ajaknya.

Diberitakan sebelumnya, "Angkatan kemanusian SMA 4 Jakarta melakukan Geber (Gerakan Bersama). Tujuannya untuk membantu PMI DKI Jakarta untuk mengisi stok darah karena bulan Agustus lalu ada permintaan 17 ribu. Tapi, karena PMI kekurangan stok darah hanya bisa menyediakan 11 ribu," kata Sandi saat jumpa pers.

"Oleh karena itu, jangan sampai pandemi Covid-19 ini menghalangi niat baik kita untuk berkontribusi memberikan bantuan kepada sodara kita yang membutuhkan," imbuhnya.

Sandi pun mengharapkan dengan 'Geber' Parekraf dapat membangkitkan tidak hanya stok darah. Melainkan sisi yang lain dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Mudah mudahan dapat membangkitkan semangat kita bangkit kembali dan untuk pulihkan bukan hanya stok darah tapi juga sisi perekonomian, lapangan pekerjaan, sisi mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia khususnya menghadapi pandemi," ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan donor darah ini sangat penting untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan darah.

“Saat pandemi ini minat untuk mendonor menurun sedangkan kebutuhan darah tetap tinggi sehingga kita berupaya membantu memenuhi kebutuhan darah ini,” tuturnya.

Kemenparekraf RI, PMI DKI Jakarta, MNC Peduli dan Alumni SMA 4 mengajak masyarakat untuk dapat berbagi kasih dengan mendonorkan darah di PMI terdekat agar kebutuhan darah dapat selalu terjaga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini