PMI DKI Jakarta Sebut Stok Darah Konvalesen Aman

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Minggu 24 Oktober 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 338 2490942 pmi-dki-jakarta-sebut-stok-darah-konvalesen-aman-bmsWsUpYX0.jpg Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi (foto: MNC Portal/Refi)

JAKARTA - Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menyebut stok darah konvalesen aman di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

"Tapi seiring dengan perkembangan dan Covidnya menurun alhamdulillah levelnya Jakarta juga turun hari ini, yang minta plasma konvalesen berkurang bahkan boleh dikatakan kosong sama sekali permintaannya. Sementara stok plasma konvalesen kami sampai dengan saat ini ada 1.300 plasma konvalesen tersedia," kata Rusef sapaan akrabnya kepada wartawan di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Baca juga:  Kemenkes Dorong Dinkes Terapkan Terapi Plasma Konvaselen untuk Pasien Covid-19

Plasma Konvaselen

Rusef menyebut, ketika Covid-19 melonjak pada Juli dan Agustus 2021 lalu sempat kewalahan atas lonjakan permintaan plasma konvalesen.

"Alhamdulillah kalau kemarin Juli Agustus itu memang permintaan plasma konvalesen luar biasa. Bahkan kami agak kewalahan karena per hari sampai dengan 1.200 yang minta plasma konvalesen," ucapnya.

Baca juga: Tak Hanya Corona, Terapi Plasma Konvalesen Juga Bisa Cegah Ebola

Rusef menegaskan, PMI DKI Jakarta sudah menyiapkan stok konvalesen untuk menghadapi kemungkinan lonjakan kasus gelombang ketiga. Namun, ia pun berharap agar Covid-19 di Jakarta maupun Indonesia melandai.

"Kami juga bekerja sama dengan PMI wilayah lain untuk memberikan plasma konvalesen ini bilamana dibutuhkan. Tapi alhamdulillah stok ada walaupun nanti misalnya kembali terjadi kenaikan Covid-19 insyaallah kita sudah siap plasma konvalesen. Saya berharap Jakarta akan melandai dan suatu saat Covid-19 ini akan hilang dari Jakarta dan Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, Rusef menekankan bahwa stok darah merah maupun plasma konvalesen aman.

"Aman aman. Untuk hari ini stok darah merah aman. Tapi kita berfikir untuk besok maupun lusa kami tidak boleh berhenti. Plasma konvalesen dalam posisi sangat aman," pungkasnya.

Sebagai informasi, Kemenparekraf bersama PMI DKI Jakarta, Alumni SMA 4 Jakarta dan MNC Peduli menggelar 'Geber' atau Gerakan Bersama donor darah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini