Share

Hari Pertama Gage, Puluhan Kendaraan Diberhentikan di Jalan S Parman dan Tomang Raya

Dimas Choirul, MNC Media · Senin 25 Oktober 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 338 2491135 hari-pertama-gage-puluhan-kendaraan-diberhentikan-di-jalan-s-parman-dan-tomang-raya-iaSJA89wCP.jpg

JAKARTA - Dua ruas jalan di Jakarta Barat telah menerapkan kebijakan Ganjil-Genap (Gage) hari ini, Senin (25/10/2021). Kebijakan ini dilakukan di ruas Jalan S Parman dan Jalan Tomang Raya.

Pantauan MNC Portal di lokasi, Satlantas Wilayah Jakarta Barat bersama Dinas Perhubungan memberhentikan sejumlah pengendara mobil yang melintas dengan plat genap.

BACA JUGA: Sistem Ganjil Genap Kembali Diberlakukan di Jakarta, Ini 3 Faktanya

Kurang lebih sebanyak 30 pengendara diberhentikan. Masing-masing dari mereka ditanyai oleh petugas perihal surat izin mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Untuk hari pertama ini dari pagi 06.00 udah sekitar 20 sampai 30 unit kendaraan yg sudah kita stop kita ambil tindakan berupa teguran, himbauan, untuk sementara hari pertama untuk selanjutnya kita ambil tindakan," kata Kaniturjawali Jakarta Barat Iptu Karta kepada wartawan di lokasi.

Karta mengatakan para pengendara yang diberhentikan tersebut banyak yang belum tersosialisasi dengan adanya kebijakan gage yang mulai berlaku pada hari ini. Untuk itu, pihaknya sementara ini hanya memberikan sosialisasi atau imbauan.

BACA JUGA: Ganjil Genap Diperluas hingga 13 Jalan DKI Jakarta, Ini Daftar Lokasinya

"Alasan mereka rata-rata tidak tahu dan ada juga sebagian emergency nganter ke darmais dan harapan kita, ya kita prioritaskan kalau orang sakit ya karena memang sakit kita prioritaskan," tutupnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya bersama Pemprov Jakarta menambah titik kebijakan gage (gage). Dari tiga titik sebelumnya kini menjadi 13 ruas jalan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, titik gage sepakat diperluas setelah pihaknya menggelar rapat bersama Dishub.

"Guna tetap mengendalikan mobilitas maka rapat tadi memutuskan bahwa titik gage yang tadinya 3 kawasan ini menjadi 13 kawasan," kata Kombes Sambodo dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Sambodo menyebut jam operasional gage dimulai sejak pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB. Kebijakan ini berlaku kecuali hari libur.

Berikut 13 titik ganjil genap di Jakarta:

1. Jalan Jenderal Sudirman

2. Jalan MH Thamrin

3. Jalan Rasuna Said

4. Jalan Fatmawati

5. Jalan Panglima Polim

6. Jalan Sisingamaraja

7. Jalan MT Haryono

8. Jalan Gatot Subroto

9. Jalan S Parman

10. Jalan Tomang Raya

11. Jalan Gunung Sahari

12. Jalan DI Panjaitan

13. Jalan Ahmad Yani

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini