Tes PCR di Bandara Soetta Keluar dalam 3 Jam, Harganya Rp495 Ribu

Hasnugara, iNews · Senin 25 Oktober 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 338 2491200 tes-pcr-di-bandara-soetta-keluar-dalam-3-jam-harganya-rp495-ribu-02J1aUE7MI.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

TANGERANG - Sebagai syarat penerbangan d imasa perpanjangan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat sejumlah penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, harus melakukan tes PCR.

Untuk memudahkan para penumpang yang ingin memiliki hasil PCR di hari keberangkatan, penumpang bisa mendapatkan hasil tes PCR hanya dengan waktu tiga jam untuk mengejar waktu terbang pesawat dengan harga Rp495 ribu. Dengan begitu di harapkan penumpang bisa datang enam jam sebelum penerbangan dengan menunjukan tiket dan KTP.

Saat ini, pihak Angkasa Pura II dan Farmalab menyediakan layanan drive thru tes PCR dengan hasil tiga jam untuk calon penumpang pesawat di bandara soekarno hatta. Senin (25/10/2021).

Sejumlah calon penumpang terlihat menunggu giliran tes PCR di salah satu layanan drive thru dengan menunggu hasil selama tiga jam di airport health center terminal tiga Bandara Soekarno Hatta.

Kebanyakan dari calon penumpang, belum mengetahui aturan baru yang harus dimiliki dokumen hasil tes PCR negatif sebagai pengganti hasil negatif antigen sesuai aturan intruksi Mendagri Nomor 53, Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 21 tentang perubahan dokumen syarat penerbangan dari hasil negatif tes antigen ke tes PCR.

Doni, salah satu calon penumpang pesawat mengatakan dirinya ingin kembali kebali untuk bekerja, dan mengaku sama sekali tidak mengetahui adanya aturan wajib PCR untuk penerbangan karena sebelumnya dirinya boking tiket pulang pergi.

Baca Juga : Ketua Satgas IDI: Meski Sudah Vaksin, Kebijakan Tes PCR Sebelum Naik Pesawat Penting

Ia pun terkendala saat melakukan chek in karena tidak memiliki dokumen PCR sehingga petugas memberikan kemudahan tes pcr dengan hasil tiga jam.

"Saya tidak tahu kalau sekarang wajib PCR," kata Doni.

Namun, hingga saat ini masih banyak penumpang yang gagal terbang akibat kurangnya informasi perubahan bagi penumpang pesawat wajib PCR.

Di bandara saat ini terdapat layanan baru tes PCR dengan hasil tiga jam bagi penumpang di area drive thru dengan persyaratan penumpang membawa tiket penerbangan hari ini di atas enam jam. Sedangkan PCR test reguler tetap disediakan dengan hasil 1x 24 jam dengan pelayanan 24 jam setiap harinya dengan harga per sekali pcr Rp495 ribu.

Adanya layanan tes PCR tersebut, membantu pengelola bandara dan memudahkan bagi para calon penumpang yang hendak terbang di hari yang sama. Bagi penumpang yang ingin tes PCR di bandara disarankan datang 6 jam lebih awal sebelum melakukan penerbangan untuk menghindari keterlambatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini