Heboh Perpisahan Kepsek di Tangerang, Ortu Murid Dipungut Rp20 Ribu untuk Kenang-kenangan

Hasan Kurniawan, Okezone · Senin 25 Oktober 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 338 2491482 heboh-perpisahan-kepsek-di-tangerang-ortu-murid-dipungut-rp20-ribu-untuk-kenang-kenangan-nZazpxEOD8.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TANGERANG - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten diduga melakukan pungutan liar terkait biaya perpisahan kepala sekolah. Para orangtua murid, dipungut biaya sebesar Rp20 ribu.

Peristiwa ini pun viral, setelah diunggah diakun @iya_latip kepada Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah. Dalam unggahannya itu, tampak disertai bukti screen shoot chat pribadi Whatsapp.

"Di SDN Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, banyak pungli. Wali murid wajib bayar untuk perpisahan kepsek Rp20 ribu," tulis @iya_latip, seperti dikutip MNC Portal Indonesia, Senin (25/10/2021).

Baca Juga:  Lakukan Pungli Sertifikat Tanah, Oknum Lurah Ditangkap

Menimpati unggahan yang viral itu, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Helmiati mengatakan, pihaknya langsung melakukan klasifikasi terhadap yang bersangkutan dan benar ada pungutan itu.

"Yang disampaikan orangtua sudah diklarifikasi komite, bahwa benar ada pengumpulan dana untuk kepsek yang pensiun," sambungnya, saat ditemui di kawasan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Dijelaskan dia, pungutan Rp20 ribu dari orangtua atau wali murid itu tidak wajib. Hanya dibebankan kepada wali murid atau orangtua yang mampu dan bersedia untuk biaya kenang-kenangan kepala SDN Jurumudi Baru berinisial NH.

"Pengumpulan biaya itu atas inisiasi orangtua melalui musyawarah orangtua tanpa dihadiri kepsek maupun guru. Jadi, perlu digaris bawahi itu pengumpulannya bagi yang mampu dan bersedia sebagai kenang-kenangan kepsek," jelasnya.

Baca Juga:  Berulah Lagi, Pelaku Pungli di Pasar Martubung yang Viral Ditangkap

Meski demikian, pihak Dinas Pendidikan Kota Tangerang langsung mengintruksikan untuk membatalkan pengumpulan dana bagi kepsek yang sudah lama mengabdi dan akan pensiun, pada 1 November 2021 tersebut.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini