5 Tokoh Luar Negeri yang Namanya Dijadikan Nama Jalan di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 26 Oktober 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 338 2491625 5-tokoh-luar-negeri-yang-namanya-dijadikan-nama-jalan-di-indonesia-kgEuybbHCu.jpg Jalan tol layang MBZ. (Foto : Dok Okezone)

MENGHARGAI atas jasa yang telah dilakukan seorang tokoh dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjadikan namanya sebagai nama jalan. Berikut tokoh luar negeri yang dijadikan nama jalan di Indonesia.

Mohammed bin Zayed

Mohammed bin Zayed (MBZ) dijadikan sebagai nama jalan tol. Sebelumnya, tol ini bernama Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek. Perubahan nama tersebut karena dilatarbelakangi hubungan diplomatik yang terjalin antara Indonesia dan Uni Emirat Arab selama lebih dari 45 tahun. MBZ merupakan Putra Mahkota Abu Dhabi sekaligus Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab.

Larangan Mudik Berlaku, Jasa Marga Tutup Tol Layang MBZ

Patrice Lumumba

Jalan Patrice Lumumba diambil dari nama tokoh asal Kongo. Patrice Lumumba merupakan pemimpin antikolonial Afrika dan Perdana Menteri Kongo pertama setelah dipilih secara demokratis. Untuk mengenang serta menghormati tokoh Kongo tersebut, Presiden Soekarno mengabadikan nama jalan di Kemayoran menjadi Jalan Patrice Lumumba. Namun, saat ini Jalan Patrice Lumumba sudah diganti menjadi Jalan Angkasa. Hal ini karena Patrice Lumumba berhaluan sosialis kiri.

Louis Pasteur

Pasteur merupakan nama jalan di Bandung yang terkenal. Pasteur diambil dari tokoh dunia yaitu, Louis Pasteur. Dia merupakan ilmuwan kelahiran Prancis yang berhasil menemukan cara mencegah pembusukan makanan dengan waktu yang lama dengan proses pemanasan yang disebut pasteurisasi. Pasteur dijadikan nama jalan di Bandung lantaran keberadaan Bio Farma yang berada di Jalan Pasteur No 28. Bio Farma merupakan produsen vaksin dengan dasar penemuannya dari Louis Pasteur. Nama Pasteur juga identik dengan pintu masuk Tol Bandung.

Anton Albert Nijland

Jalan Nyland di Bandung diambil dari nama Anton Albert Nijland. Dia merupakan peneliti asal Belanda yang menemukan vaksin Kolera. Jasanya adalah memproduksi vaksin Kolera secara massal serta melakukan vaksinasi hingga terbebas dari penyakit yang mematikan. Wajar apabila namanya diabadikan sebagai nama jalan atas jasanya.

Jawaharlal Nehru

Jalan PJ Nehru di Medan diambil dari nama tokoh asal India. Dia adalah Jawaharlal Nehru. Jawaharlal Nehru merupakan Perdana Menteri Pertama di India. Dia juga dikenal dekat dengan Presiden Soekarno. Nehru dan Bung Karno berperan dalam mendirikan Gerakan Non-Blok. Tak heran namanya dijadikan nama jalan. (Diolah berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini