KNKT Diterjunkan Selidiki Tabrakan LRT di Munjul

Riezky Maulana, iNews · Selasa 26 Oktober 2021 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 338 2491674 knkt-diterjunkan-selidiki-tabrakan-lrt-di-munjul-uUqRq2xhLh.jpg LRT kecelakaan di Munjul Jaktim (foto: dok MNC Portal)

JAKARTA - PT INKA Persero menjelaskan menyebut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan turun tangan, menyelidiki penyebab kereta LRT tabrakan di Munjul, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021). Disebutkan, KNKT akan membuka 'black box' kereta untuk memastikan penyebab insiden tersebut.

"Kenapa cepat itu nanti diinvestigasi, nanti kecepatan diukur, nanti ketauan, kayak blackbox. Nanti yang buka KNKT," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero), Budi Noviantoro.

Baca juga: Pasca-Tabrakan, 2 Kereta LRT Rusak Dibawa ke Madiun

Dia menjelaskan, setelah hasil investigasi rampung, dua kereta tersebut akan dikirim kembali ke kantor Inka Madiun. Di sana, sambung Novi akan dilakukan perbaikan.

"Tim KNKT akan jalan untuk tim investigasi, dan selanjutnya dua kereta api kita kirim ke INKA Madiun, kita perbaiki," katanya.

 Baca juga: Masih Uji Coba tapi LRT Jabodebek Tabrakan, Ini Kata Dirjen Perkeretaapian

Menyoal masinis yang menjadi korban, Novi menjelaskan hanya mengalami luka ringan. Pihaknya memastikan yang bersangkutan telah dilarikan ke rumah sakit setempat dan dalam kondisi sadar.

"Alhamdulillah enggak apa-apa, hanya luka ringan. Masih sadar," ungkpnya.

Sebelumnya, penyebab insiden nahas tersebut lantaran diduga akibat masinis terlalu cepat melakukan langsir. "Terindikasi masinis langsiran terlalu cepat," kata Budi.

Untuk diketahui, langsir adalah pergerakan rangkaian kereta, gerbong, atau hanya lokomotif untuk beralih jalur rel. Perpindahan jalur terutama diperlukan untuk memisahkan atau merangkaikan kereta atau gerbong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini