Waspada! Fenomena La Nina Berpotensi Bencana Hidrometeorologi di Tangerang

Hasan Kurniawan, Okezone · Selasa 26 Oktober 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 338 2491960 waspada-fenomena-la-nina-berpotensi-bencana-hidrometeorologi-di-tangerang-UEp6MH8IfE.jpg Ilustrasi cuaca ekstrem (Foto: Okezone)

TANGERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, masyarakat agar waspada dengan fenomena La Nina, menjelang akhir tahun 2021 dan awal 2022.

Kepala BMKG Kota Tangerang, Suwardi mengatakan, berdasakan monitoring terhadap perkembangan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik, bagian tengah dan timur, nilai anomali telah melewati ambang batas La Nina.

"Kondisi ini berpotensi terus berkembang dan kita harus segera bersiap dengan datangnya La Nina, yang diperkirakan akan berlangsung dengan intensitas lemah hingga sedang, hingga Februari 2022," katanya, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga:  Jabar Rawan Bencana, Warga Diimbau Antisipasi Dampak La Nina Akhir Tahun Ini

Pihaknya pun telah memprakirakan, sebagian wilayah Indonesia, akan memasuki musim hujan mulai Oktober 2021.

"Salah satunya Kota Tangerang, Provinsi Banten. Berdasarkan kejadian La Nina tahun 2020 lalu dan hasil kajian BMKG menunjukkan, curah hujan mengalami peningkatan pada November-Desember-Januari," sambungnya.

Menurutnya, La Nina tahun ini diprediksi akan berdampak pada peningkatan curah hujan 20-70 persen di atas normal.

"Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut, maka masyarakat Kota Tangerang perlu waspada terhadap potensi curah hujan tinggi yang memicu bencana hidrometeorologi," ungkapnya.

Baca Juga:  BMKG: La Nina Berpotensi Terjadi di Desember, Waspada Cuaca Ekstrem

Adapun, beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan segera membersihkan gotong-royong, menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan saluran air hingga mempersiapkan skema-skema penanganan banjir.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini