Kecelakaan Bus Transjakarta Tak Berkaitan Dengan Kosongnya Petugas On Board

Yohannes Tobing, Sindonews · Selasa 26 Oktober 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 338 2492024 kecelakaan-bus-transjakarta-tak-berkaitan-dengan-kosongnya-petugas-on-board-TYkJag96Zz.jpg Bus Transjakarta kecelakaan (Foto: Erfan Maaruf)

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan bahwa kecelakaan yang melibatkan dua bus Transjakarta di Jalan MT Haryono, Kramat Jati, Jakarta Timur bukan akibat ketidakhadiran petugas onboard di dalam armada.

“Bukan karena nggak ada petugas onboard ini kejadian,” kata Syafrin saat ditemui dalam acara Uji Emisi kendaraan di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Selasa (26/10/2021).

Meski tidak adanya petugas onboard di dalam bus Transjakarta, Syafrin memastikan bahwa di setiap halte bus Transjakarta ada petugas di tempat pelayanan.

“Berkurangnya petugas onboard bukan berarti tidak ada pengawasan,” ucapnya.

Menurutnya, petugas tersebut bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap para awak bus maupun para penumpang mulai dari operasional, termasuk dengan penegakan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Polisi Visum Sopir TransJakarta Tabrakan, Nihil Zat Adiktif dan Psikotropika

“Selain melakukan pemeriksaan terhadap pemenuhan protokol kesehatan oleh seluruh penumpang juga mengingatkan kepada driver, awak bus untuk selalu berhati-hati,” tuturnya.

Baca juga: Kadishub: Bus Transjakarta yang Terlibat Kecelakaan Dipastikan Laik Jalan

Dari kecelakaan maut ini, Syafrin berjanji pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif terkait petugas onboard apakah memang perlu dihadirkan kembali atau tidak.

Seperti diketahui bahwa PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meniadakan kehadiran petugas onboard di dalam bus sejak akhir tahun 2019. Hal ini dilakukan karena para penumpang bus Transjakarta dianggap sudah bisa mandiri.

Baca juga: Tunggu Investigasi Kecelakaan Transjakarta, Anies: Kita Akan Cek yang Terjadi Sesungguhnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini