Harga Tes PCR Turun, Wagub DKI: Percepat Penurunan Penyebaran Covid-19

Indra Purnomo, MNC Portal · Rabu 27 Oktober 2021 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 338 2492845 harga-tes-pcr-turun-wagub-dki-percepat-penurunan-penyebaran-covid-19-L84nQ2UDGO.jpg Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Foto : Okezone/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Pemerintah pusat telah menurunkan tarif tes polymerase chain reaction (PCR) menjadi Rp275.000 untuk wilayah Pulau Jawa-Bali dan Rp300.000 untuk luar Jawa-Bali. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyebutkan, penurunan harga tes PCR itu dapat mempercepat penurunan penyebaran Covid-19.

"Alhamdulillah sesuai permintaan Pak Presiden harga PCR turun. Ini sangat membantu mempercepat penurunan penyebaran Covid-19 sehingga semakin banyak orang dan semakin mudah bisa melakukan tes PCR sebanyak mungkin dan sesering mungkin," ujar pria yang biasa disapa Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/10/2021) malam.

Menurutnya, di masa saat ini penting untuk melakukan penurunan semua harga, termasuk tes PCR. Ia juga berujar, Jakarta akan merespons secepat mungkin ihwal penurunan kembali harga tes PCR.

Ariza memastikan tidak ada pihak-pihak yang memanfaatkan kondisi penurunan harga tes PCR ini.

"Ya itu sudah ada aturannya, enggak mungkin mereka bandel. Mereka kan bersinergi, berkoordinasi dengan Pemprov atau urusan lain-lain, enggak mungkin bandel-bandel," kata Ariza.

Baca Juga : DKI Catat 105 Kasus Covid-19 Hari Ini

Penurunan harga tes PCR ini diputuskan setelah pemerintah mengevaluasi perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan PCR terdiri dari komponen-komponen, seperti jasa pelayanan atau SDM, regen dan habis pakai (BHP), komponen biaya administrasi, dan overhead.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini