Tak Ada Cuti Bersama, Wagub DKI Harap Bisa Mencegah Gelombang Ketiga Covid-19

Komaruddin Bagja, Sindonews · Kamis 28 Oktober 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 338 2493140 tak-ada-cuti-bersama-wagub-dki-harap-bisa-mencegah-gelombang-ketiga-covid-19-RE2ogGbHgK.jpg Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (foto: dok Sindo)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan ditiadakannya cuti bersama akhir tahun, sejak 24 Desember 2021 atau menjelang Hari Natal dan Tahun Baru merupakan upaya Pemerintah Pusat (Pempus) dalam mengurangi mobilitas warga.

Menurutnya, langkah tersebut baik mengingat seperti biasa akan ada libur panjang disetiap akhir tahun.

"Itu kan upaya pemerintah pusat untuk mengurangi mobilitas warga sehingga cuti dihilangkan saya kira kami memahami apa yang menjadi kebijakan pemerintah pusat," tuturnya kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (28/10/2021).

Baca juga:  Ingat! Cuti Bersama Natal 2021 Dihapus, Tak Ada Libur Panjang

Lebih lanjut, ia mengatakan ada tiga hal yang perlu dipahami masyarakat atas kebijakan dihapusnya cuti bersama oleh Pempus antara lain, mengurangi mobilitas, mencegah terjadinya gelombang ketiga dan mencegah adanya kerumunan atau interkaksi yang berlebihan. Harapannya, diakhir tahun tidak terjadi gelombang ketiga atas kasus Covid-19.

Baca juga:  Hapus Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru, PNS Dilarang Cuti!

Sehingga masyarakat diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas dengan itu mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

"Seperti biasa ada libur panjang itu selalu dibarengi mobilitas pergerakan yang tinggi menyebabkan penyebaran. Kita berharap jangan sampai diakhir tahun ini terjadi gelombang ketiga caranya adalah mengurangi mobilitas sehingga tidak terjadi interkaksi dan kerumunan yang berlebihan," sambungnya

Perlu diketahui, Pemerintah juga melarang aparatur sipil negara (ASN) mengambil cuti dan memanfaatkan momentum hari libur nasional di akhir tahun.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini