Share

Uji Emisi Kendaraan Bermotor, Dinas LH DKI Jakarta: Demi Udara Bersih Ibu Kota

Komaruddin Bagja, Sindonews · Sabtu 30 Oktober 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 30 338 2494086 uji-emisi-kendaraan-bermotor-dinas-lh-dki-jakarta-demi-udara-bersih-ibu-kota-KhU6ihRlGf.jpg Ilustrasi uji emisi kendaraan (Foto: Okezone)

JAKARTAKendaraan motor dan mobil yang tidak lulus uji emisi akan dikenakan sanksi di kawasan DKI Jakarta. Penerapan yang sempat terkendala akibat pandemi Covid-19 ini digalakkan lagi sebagai bagian langkah agresif Pemprov DKI Jakarta untuk menurunkan sumbangan emisi dari kendaraan bermotor yang merupakan sumber utama polusi udara di Ibu Kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, langkah Pemprov DKI Jakarta mewajibkan seluruh kendaraan bermotor lolos uji emisi dan lulus memenuhi baku mutu emisi menjadi hal yang sangat penting dalam upaya memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.

“Mudah-mudahan upaya menciptakan udara bersih di Jakarta ini didukung oleh semua pihak,” ungkap Asep di Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah mengatur sanksi bagi kendaraan yang gas buangnya tidak memenuhi baku mutu sejak 12 tahun yang lalu.

Baca juga: Nissan dan Porsche Terancam Sanksi Akibat Palsukan Laporan Uji Emisi

“Sudah saatnya hukum tersebut kita tegakkan demi kepentingan bersama mewujudkan udara bersih Ibukota,” tegasnya.

Hal ini, lanjut Asep, sejalan dengan tuntutan Citizen Lawsuit yang dalam amar putusannya memerintahkan untuk menjatuhkan sanksi bagi sumber bergerak yaitu kendaraan bermotor yang mencemari udara atau tidak lulus uji emisi.

Baca juga: Siap-Siap! Kendaraan Belum Uji Emisi Bakal Dikenakan Sanksi Tinggi

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Asep Kuswanto mengakui tindakan penegakan hukum harusnya berjalan sejak awal tahun 2021 saat Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor berlaku efektif.

“Namun dikarenakan Pandemi Covid-19, penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi sempat ditunda,” katanya.

Nanti secara bertahap akan dilakukan penegakan hukum secara tegas berupa tilang oleh pihak Kepolisian. “Ini sebagai upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta,” tutur Asep.

Baca juga: Catat! Berikut 11 Lokasi Uji Emisi Kendaraan di Jakarta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini