Share

Mulai Besok, Jalan Soleh Iskandar yang Ambles Ditutup untuk Roda Empat

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 01 November 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 338 2494828 mulai-besok-jalan-soleh-iskandar-yang-ambles-ditutup-untuk-roda-empat-h8qZkzyhrU.jpg Jalan ambles di Bogor. (Foto: Putra R)

BOGOR - Jalan Soleh Iskandar tepatnya di underpass Tol BORR, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, ambles dan akan ditutup untuk kendaraan roda empat atau lebih. Penutupan jalan itu rencananya dimulai besok, Selasa 2 November 2021.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, penurunan jalan di lokasi sangat cepat. Untuk perbaikan sedianya baru bisa dilakukan awal 2022.

"Penurunanya cepat sekali, harus ada tindakan cepat sudah direncanakan untuk pengerjaan tapi harus proses lelang. Lelang akan segera dimulai nanti awal tahun depan target mulai dikerjakan. Semuanya dari KemenPUPR," kata Bima di lokasi, Senin (1/11/2021).

Untuk penanganan sementara, akan dilakukan penutupan jalan oleh Satlantas Polresta Bogor Kota mulai besok bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan, roda dua masih diperbolehkan melintas.

"Mulai besok Insya Allah kepolisian akan menutup jalan ini tidak boleh dilewati roda empat, tapi motor boleh di pinggirnya saja. Jadi mobil tidak boleh (melintas) karena mengantisipasi terjadinya longsor apalagi sekarang intensitas curah hujan sedang sangat tinggi jadi kita perlu antisiapsi," ungkap Bima.

Di sisi lain, Bima menyebut amblesnya ruas jalan nasional itu bisa disebabkan beberapa faktor. Bisa dari usia atau faktor cuaca yang mempengaruhi jalan.

Baca juga: Jalan di Tangerang Ambles Tak Kuat Tahan Terjangan Aliran Sungai Cisadane

"Jadi kepada warga Bogor pengguna Jalan Soleh Iskandar ini untuk mengantisipasi akan kita tutup, hanya boleh untuk roda dua saja, untuk pengerjaannya Insya Allah tahun depan antara Februari-Maret setelah lelang selesai semua. Tapi desain dan perencanaan sudah ada semua. (Faktor) ya ini kan sudah lama, dibangun tahun 2005 sudah 15 tahun lebih mungkin juga faktor cuaca dan lain-lain," ucapnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota AKP Galih Apria mengatakan, jalan ini termasuk sangat padat dilalui kendaraan. "Jalan ini termasuk jalan nasional yang volume kendaraan cukup besar. Saya dapat info pengerjaan ini akan dimulai Januari jadi sementara rekayasa yang bisa melewaati jalam ini hanya roda dua," ucap Galih.

Penutupan ini sedianya dimulai besok hingga pengerjaan perbaikan jalan mulai dilakukan. Setelahnya, akan ada penutupan jalan secara total sampai perbaikan selesai dengan estimsi 6 bulan.

"Nanti begitu bulan Januari dimulai akan ditutup total, sehingga hrapannya masyarakat ke arah Cilebut ini nanti kita akan buatkan u turn baru. Sehingga memutar, dan belokan di kereta ini akan dilurskan sehingga nanti jalan tersebut yang masuk ke Cilebut 2 yang satu lagi akan mengarah ke utara. Memang pasti ada penumpukan nanti, tapi personel kita akan ditempatkan di situ untuk pengaturan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini