Wagub DKI: Masalah Banjir Tidak Bisa Selesai Dua Periode Pemerintahan!

Indra Purnomo, MNC Portal · Senin 01 November 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 338 2495083 wagub-dki-masalah-banjir-tidak-bisa-selesai-dua-periode-pemerintahan-sVIo7frG6G.jpg banjir landa jakarta/ Okezone

JAKARTA โ€“ Hujan yang mengguyur Jakarta, membuat sebagian jalan tergenang. Akibatnya, sejumlah ruas Jalan Ibu Kota juga mengalami kemacetan.

(Baca juga: Kali Sunter Meluap, Kawasan Ciracas Jaktim Kebanjiran)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, bahwa persoalan banjir di Jakarta tidak bisa selesai dalam 1 hingga 2 periode pemerintahan. Ia juga berujar permasalahan banjir ini butuh diselesaikan secara kerja sama oleh semua pihak.

(Baca juga: Ponpes di Bogor Nyaris Ambruk Diterjang Badai)

"Memang masalah banjir ini tidak bisa diselesaikan satu atau dua tahun, satu dua periode, butuh kerjasama semua pihak. Teman-teman lihat banjir ini tidak cuma di Jakarta tapi di seluruh Indonesia. Bahkan di Kalimantan yang tidak padat seperti Jakarta pun ada banjir," ujar pria yang biasa disapa Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (1/11/2021).

"Negara-negara maju sekalipun mau di Eropa, Amerika, Cina, masih ada banjir. Memang ini banyak hal termasuk masalah perubahan iklim dan sebagainya yang harus kita hadapi bersama," tambah Ariza.

Ariza mengatakan, Pemprov DKI setiap tahun menganggarkan pembebasan lahan untuk kepentingan pencegahan banjir. Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Tentu drainase ini terus kami perbaiki. Setiap tahun kita anggarkan pembebasan lahan untuk kepentingan pencegahan banjir. Apa bentuknya? untuk waduk, situ, embung, selokan, membuat sumur resapan, program gerebek lumpur kemudian pengerukan," lanjut Ariza.

Jakarta kata dia mempunyai 13 sungai dan 31 waduk lebih yang dikeruk setiap tahun untuk mengantisipasi banjir. โ€œSebanyak 257 ekskavator setiap hari digunakan baik musim hujan maupun tidak musim hujan,โ€ tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini