Share

Tanggul Kali Cakung Jebol Ratusan Rumah Kebanjiran hingga 1,2 Meter

Rahmat Hidayat, iNews · Selasa 02 November 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495216 tanggul-kali-cakung-jebol-ratusan-rumah-kebanjiran-hingga-1-2-meter-mDr9x7yYEu.jpg Ilustrasi (Foto : iNews)

BEKASI - Tanggul Kali Cakung jebol, akibatnya ratusan rumah warga di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jati Asih, Kota Bekasi, Senin 1 November 2021 malam, terendam banjir. Ketinggian air yang mencapai 1,2 meter, membuat sejumlah warga terpaksa memilih dievakuasi lantaran air kian meningkat.

Selain itu, banjir tak hanya merendam pemukiman warga, tapi juga membuat akses jalan Jati Mekar tergenang air hingga menyebabkan sejumlah kendaraan mogok.

Selain disebabkan akibat curah hujan yang deras, banjir diperparah akibat jebolnya tanggul atau pembatas Kali Cakung yang berada di pinggir perumahan tersebut.

Tim gabungan tanggap bencana BPBD Kota Bekasi, Tagana dan Relawan yang diterjunkan ke lokasi banjir berjibaku melakukan evakuasi terhadap sejumlah warga dengan menggunakan perahu karet.

Baca Juga : Diguyur Hujan, 20 Titik di Kota Bekasi Terdampak Banjir

Warga yang khawatir karena air kian meningkat, memilih dievakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi seperti masjid maupun ke rumah sanak saudara terdekat.

"Airnya terus naik, jadi kami memilih dievakuasi saja," ujar salah satu warga bernama Gozali.

Sementara Kasi Rehabilitasi Rekonstruksi BPBD Bekasi Idham Kholid mengatakan, banjir yang merendam perumahan Bumi Nasio Indah diperparah akibat jebolnya tanggul atau pembatas Kali Cakung yang berada di pinggir perumahan sekira sepanjang 20 meter.

Diketahui banjir di perumahan tersebut kerap kali terjadi terlebih memasuki musim penghujan. Warga hanya bisa pasrah dan berharap adanya perhatian dan solusi dari pemerintah setempat.

Demi menghindari terjadi nya luapan air karena kendaraan seperti mobil yang melintas, warga terpaksa membentangkan spanduk di tengah jalan, akibatnya akses jalan menuju keluar perumahan lumpuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini