Share

Banjir Akibat Jebolnya Tanggul di Perumahan Nasio Indah Berangsur Surut

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Selasa 02 November 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495341 banjir-akibat-jebolnya-tanggul-di-perumahan-nasio-indah-berangsur-surut-CH55Sq8YQ8.jpg Tanggul jebol di Perumahan Nasio Indah (Foto: MNC Portal)

BEKASI - Tanggul sepanjang 20 meter di belakang Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatiasih, Kota Bekasi jebol pada Senin 1 November 2021. Akibatnya, pemukiman warga harus terdampak banjir.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tanggul tersebut tepat bersebelahan dengan aliran Kali Baru yang mengelilingi Perumahan Bumi Nasio Indah. Terlihat tanggul tersebut telah rusak dan retak akibat derasnya arus kali.

Bahkan, aliran yang deras juga diduga melewati jalan yang terangkat itu.

“Mungkin air kuat ya, dari sisi mana-mana kuat, air bingung dan dorong dari bawah, akhirnya gini kaya gempa bumi (jalanan retak dan terangkat),” ujar salah seorang Warga, Yani, Selasa (02/11/2021).

Baca juga: Tanggul Kali Cakung Jebol Ratusan Rumah Kebanjiran hingga 1,2 Meter

Sementara terpisah, Camat Jatiasih, Mariana membenarkan tanggul jebol pada kawasan perumahan tersebut. Menurutnya tanggul jebol dilaporkan sejak Senin 1 November 2021 sore hari.

Baca juga: Jalan di Tangerang Ambles Tak Kuat Tahan Terjangan Aliran Sungai Cisadane

“Ini masih banjir karena ada 20 meter ya, 20 meter yang jebol di belakang. Ada tanggung yang jebol Jadi inilah imbasnya, dan kondisi saat ini kali sudah normal,” tutur Camat Jati Asih, Mariana.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Saat ini, terlihat petugas jajaran Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi langsung melakukan penindakan terhadap tanggul jebol tersebut.

Petugas menggunakan karung yang diisikan pasir untuk menambal sementara aliran-aliran sungai yang menerobos masuk dari tanggul.

Saat ini banjir di lokasi mulai surut. Perumahan Bumi Nasio Indah yang pagi tadi banjir sekira 30-40 cm atau setinggi dengkul orang dewasa sudah surut menjadi sekitar betis kaki orang dewasa.

Baca juga: Tanggul Darurat Sungai Cisunggalah Bandung Jebol, Ratusan Rumah Terendam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini