Share

Anies Targetkan Pemprov DKI Atasi Banjir dalam 6 Jam

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 02 November 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495378 anies-targetkan-pemprov-dki-atasi-banjir-dalam-6-jam-qGZ3RqdteQ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan banjir surut dalam 6 jam (Foto :MNC Portal)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan langkah Pemprov DKI melakukan penanganan banjir di musim penghujan saat ini.

Anies mengatakan, seluruh jajaran akan selalu siap dan waspada dengan volume air hujan hingga pintu air yang ada di Ibu Kota. Dia mengatakan bahwa bila volume air di atas 100 mm per hari, maka Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan memompa air sehingga banjir langsung surut dalam 6 jam.

"Kalau di bawah 100 mm hujannya maka seharusnya tidak terjadi banjir. (Kalau banjir) tentunya ada sesuatu yang salah di dalam manajemen. Begitu juga dengan aliran sungai sudah kembali titik normal maka 6 jam setelahnya kalau air sungainya tidak turun-turun maka banjirnya akan terus terjadi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Dalam pengendalian banjir, kata Anies, pihaknya menggunakan target dengan terus mengevaluasi langkah Pemprov DKI Jakarta dalam menanggulangi banjir Ibu Kota.

Baca juga: Anies Tegaskan Banjir Surut Bukan Semata-mata karena Gravitasi, tapi...

Mantan Mendikbud itu menambahkan bahwa pihaknya akan berupaya mencapai target penanggulangan banjir Ibu Kota dalam hitungan jam.

Baca juga: Banjir Akibat Jebolnya Tanggul di Perumahan Nasio Indah Berangsur Surut

"Baru mulai 1 tahun ini kita menetapkan ukuran di dalam penanganan banjir karena kalau kita tidak memiliki itu, maka kita akan kerja tanpa ada ukuran capaian," lanjutnya.

"Targetnya dua satu tidak boleh ada korban jiwa, kedua sesudah kembalinya garis normal sesudah itu 6 jam tapi kalau belum kembali ya masih terus jadi genangan sama seperti air 100 mm per hari bila di atas itu otomatis akan terjadi apabila dibawahnya harus segera," imbuh Anies.

Menurut dia, Pemprov DKI menargetkan banjir bisa surut dalam waktu enam jam merupakan bagian dari langkah evaluasi penanggulangan banjir Ibu Kota.

Anies menegaskan bahwa pihaknya akan terus menerus melakukan perbaikan agar persoalan banjir bisa segera diatasi.

Diketahui, berdasarkan data BPBD DKI Jakarta pada Senin 1 November 2021 pada petang kemarin, hujan yang mengguyur Jakarta hanya berdampak pada 13 RT di kawasan Jakarta Timur atau sekitar 0.043% dari 30.470 RT.

Baca juga: Cipinang Melayu Banjir, Kadis SDA DKI Jakarta: Hujannya Terlalu Besar

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini