Share

Cuaca Ekstrem, Wagub DKI Beberkan 3 Langkah Hadapi Banjir

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Selasa 02 November 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495499 cuaca-ekstrem-wagub-dki-beberkan-3-langkah-hadapi-banjir-Wn1y4e47DW.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto : Refi Sandi)

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan tiga langkah untuk menghadapi banjir di Ibu Kota.

"Sebagai regulasi sudah disusun kita diskusi dan sudah kami putuskan dan sosialisasikan kepada seluruh instansi terkait bahkan seluruh masyarakat Jakarta melalui berbagai platform media yang kami miliki termasuk media sosial," kata Ariza sapaan akrabnya kepada awak media di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (2/11/2021).

Kedua, lanjut Ariza, Pemprov DKI Jakarta membagi tugas kepada seluruh instansi terkait tidak hanya di internal Pemprov, tapi juga di jajaran vertikal dan horizontal melibatkan seluruh organisasi, LSM, dan komunitas masyarakat.

"Ketiga kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terus mengupayakan upaya pencegahan penanganan banjir khususnya daerah daerah yang berpotensi terjadi genangan atau banjir sebagaimana tahun lalu," tuturnya.

Baca Juga : Wagub DKI Klaim Penanganan Banjir dan Macet di Jakarta Terus Membaik

Ariza menekankan, Pemprov DKI juga telah menyiapkan logistik dan tempat pengungsian. Selain itu, Pemprov DKI menyiapkan sistem early warning, sistem pengetahuan pengendalian banjir, hingga membuat alat ukur curah hujan.

"Ini semua telah kami siapkan mulai dari logistik, tempat pengungsian dan lain sebagainya. Kami juga telah menyiapkan sistem early warning dan juga sistem pengetahuan pengendalian banjir dan alat ukur curah hujan di 267 milimeter," ucapnya.

Namun, Ariza mengingatkan, potensi cuaca ekstrim yang melanda Ibu Kota. Selain itu, ia mengingatkan potensi penularan Covid-19 saat musim hujan.

"Jadi upaya sudah dilakukan namun demikian yang paling penting adalah persiapan kita semua seluruh warga Jakarta menghadapi intensitas yang tinggi terkait dengan tingginya curah hujan semakin tinggi dan cuaca ekstrem terlebih sudah disampaikan BMKG dalam tiga hari ke depan," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini