Share

Begini Kronologi Polantas yang 'Palak' Sopir Truk Sekarung Bawang

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 02 November 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495577 begini-kronologi-polantas-yang-palak-sopir-truk-sekarung-bawang-8pVmmUISli.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus membeberkan kronologi oknum polisi lalu lintas (polantas) berinisial Aipda PDH, yang menilang sekarung bawang pada sopir di kawasan Bandara Soekarno Hatta.

Yusri menjelaskan, peristiwa tersebut bermula pada 1 November 2021 pada hari Senin kemarin sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu oknum tersebut melakukan patroli di sekitar Jalan P2 di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

"Melihat ada truk dari daerah Sumatera, Serang, BG pelatnya. Kemudian memberhentikan dan mengecek kelengkapan surat surat daripada si pengemudi truk, dan memang pengemudi tidak membawa surat surat," kata Yusri di Polda Metro Jaya kepada wartawan, Selasa (2/11/2021).

Baca juga:  Kapolda Metro Copot Polantas Tukar Surat Tilang dengan Sekarung Bawang

Kemudian oknum tersebut meminta kendaraanya balik arah. Kemudian bukannya melakukan penilangan, oknum polantas tersebut malah meminta satu karung bawang yang dibawa oleh sopir truk tersebut.

"Atas pelanggaran si sopir ini tidak dilakukan penilangan tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih. Ini yang viral di medsos," pungkasnya.

Baca juga:  Korlantas Polri: Oknum Polantas Tilang Tukar Sekarung Bawang Ditindak Tegas

Sebelumnya, video aksi penilangan tersebut diketahui diunggah dan menjadi viral di media sosial. Dalam rekaman video tersebut, salah satu pengemudi truk mengatakan polisi yang melakukan tilang sempat meminta uang sebesar Rp100.000 sebagai ganti surat tilang.

Namun polisi tersebut menolak uang Rp100 ribu dan meminta satu karung bawang kepada sopir yang ditilang. Kemudian satu karung bawang tersebut diletakkan di atas motor oleh oknum polisi tersebut.

"Aku kena tilang tapi dimintain bawangnya satu karung bos. Polisi. Tolong rekan-rekan bantu kondisi saya ya. Saya dimintain satu karung," kata orang dalam video tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini