Share

Banjir Rendam Perumahan Bumi Nasio Indah Bekasi Imbas Tanggul Jebol, Ekskavator Dikerahkan

Jonathan Nalom, MNC Media · Selasa 02 November 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 338 2495596 banjir-rendam-perumahan-bumi-nasio-indah-bekasi-imbas-tanggul-jebol-ekskavator-dikerahkan-CwiLzA0d8y.jpg Ekskavator dikerahkan ke lokasi banjir imbas tanggul jebol di perumahan di wilayah Jati Asih, Bekasi, Selasa (2/11/2021). (Foto : MNC Portal/Jonathan Nalom)

BEKASI - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane mengerahkan satu alat berat ekskavator untuk menanggulangi banjir yang merendam Perumahan Bumi Nasio Indah, Jati Asih, Kota Bekasi. Alat tersebut dikerahkan guna mengeruk kerusakan-kerusakan jalan dan bobolnya tanggul pada kawasan serta pemasangan geobag pemukiman tersebut.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi, alat tersebut tiba di pemukiman tersebut pada Selasa (2/11/2021) siang. Alat tersebut kemudian langsung diarahkan ke titik dimana tanggul jebol yang berada di RT 01, RW 15 Perumahan Bumi Nasio Indah, Jati Asih, Kota Bekasi.

“Ekskavator dikerahkan guna mengangkat ini (material yang rusak) serta pemasangan geobag, karena pemasangan itukan tidak bisa menggunakan tenaga manusia,” tutur Kepala UPTD Pengawasan Jalan Jembatan Saluran Jati Asih, Mustono di lokasi, Selasa (02/11/2021).

Mustono mengatakan pengerahan alat berat tersebut sebagai penanganan darurat sementara waktu. Hal tersebut untuk mencegah ambruknya tanggul disekitarnya.

“Ini sebagai langkah penanganan darurat, karena kalau air deras bisa berpotensi ambruk makanya ditangani langsung,” ucapnya.

“Hari ini langsung ditangani, prosesnya belum tau pasti (berapa lama) karena ini kan baru alat, materialnya masih menyusul.” tutupnya.

Sementera, di lokasi juga terlihat satu jenis dump truck yang datang di lokasi. truk tersebut menurunkan sejumlah karung berisi tanah yang akan digunakan untuk membantu menambal beberapa titik tanggul yang jebol.

Baca Juga : Banjir Akibat Jebolnya Tanggul di Perumahan Nasio Indah Berangsur Surut

Seperti diketahui, Tanggul sepanjang 20 meter di belakang Perumahan Bumi Nasional Indah, Jati Asih, Kota Bekasi jebol pada Senin (01/11/2021). Akibatnya, pemukiman warga harus terdampak banjir.

Follow Berita Okezone di Google News

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, tanggul tersebut tepat bersebelahan dengan aliran sungai Kali Baru yang terletak mengelilingi Perumahan Bumi Nasio Indah. Terlihat tanggul tersebut telah rusak dan retak akibat derasnya saluran air.

Bahkan, aliran air yang deras juga sampai mengangkat jalanan-jalanan disekitar tanggul terangkat dan rusak. Menurut pengakuan warga, diduga aliran air juga melewati jalan terangkat itu.

“Mungkin air kuat ya, dari sisi mana-mana kuat, air bingung dan dorong dari bawah, akhinrya gini kaya gempa bumi (jalanan retak dan terangkat), saya juga baru sekali,” tutur Warga Perumahan Bumi Nasio Indah, Yani ditemui di lokasi, Selasa (02/11/2021).

Sementara terpisah Camat Jati Asih, Mariana membenarkan tanggul jebol pada kawasan perumahan tersebut. Menurutnya tanggul jebol dilaporkan sejak Senin (01/11/2021) sore hari.

“Ini masih banjir karena ada 20 meter ya, 20 meter yang jebol di belakang. Ada tanggung yang jebolz Jadi inilah imbasnya, dan kondisi saat ini kali sudah normal,” tutur Camat Jati Asih, Mariana.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini