Share

Meski Surut, Petugas BPBD Tetap Siaga Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah

Jonathan Nalom, MNC Media · Rabu 03 November 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 338 2495787 meski-surut-petugas-bpbd-tetap-siaga-banjir-di-perumahan-bumi-nasio-indah-AMdjlQfmrr.jpg Tanggul dekat perumahan Bumi Nasio Indah jebol (Foto: Jonathan Nalom)

BEKASI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Enung Nurcholis memastikan akan tetap menyiagakan jajarannya guna mengantisipasi adanya banjir susulan. Hal ini menyusul telah surutnya banjir di kawasan pemukiman tersebut.

“Alhamdulillah air sudah surut. Menggunakan mobil sedot, ketika ada kenaikan lagi akan dilakukan penyedotan kembali,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi Enung Nurcholis ketika dikonfirmasi, Selasa (2/11/2021).

“Kita standby di lokasi dan sebagian kembali ke mako (Markas Komandan), tetap kita siaga di seluruh Kota Bekasi,” sambungnya.

Baca Juga:  10 Posko Pengungsian Disiapkan untuk Korban Banjir di Kampung Melayu

Enung memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Bina Marga Dan Sumber Daya Air(BMSDA). Dirinya juga telah meneruskan ihwal bencana tersebut ke Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

“Kita koordinasikan dengan Dinas Sumber Bina Marga Dan Sumber Daya Air. Supaya tanggul yang jebol itu ada tindakan atau di perbaiki sementara menggunakan karung dulu kah atau seperti apa. Intinya kita sudah melaporkan kejadian tersebut,” ucapnya.

“Kita juga sudah melaporkan ke pak wali kota agar ditindaklanjuti terkait adanya kebocoran tanggul di perumahan tersebut,” sambungnya.

Sementara, Enung tak menampik kemungkinan terjadinya genangan kembali pada kawasan tersebut. Hal ini apabila hujan dengan intensitas tinggi dan berangsur lama kembali mengguyur wilayah Bekasi.

“Kalau curah hujan seperti kemarin, deras, lebat dan lama kemungkinan akan kembali banjir di wilayah tersebut,” tutupnya.

Baca Juga:  Banjir Bandang Surut, 2 Rumah di Dharmasraya Sumbar Dilaporkan Rusak

Diketahui, Perumahan Bumi Nasio Indah, Jati Asih, Kota Bekasi masih terendam banjir sampai pada Selasa pagi. Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia, pada pukul 08.57 WIB akses utama gerbang perumahan tersebut masih tidak bisa dilewati. Banjir terlihat menggenangi kawasan tersebut hingga 30-40 centimeter atau sekira dengkul orang dewasa.

Banjir tersebut diduga akibat tanggul Kali Baru yang jebol. Bahkan, jebolnya tanggung menjalar hingga 20 meter.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini