Share

Waspada Musim Ular Menetas, 10 Anak Ular Kobra Dievakuasi di Rumah Warga

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Jum'at 05 November 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 338 2497220 waspada-musim-ular-menetas-10-anak-ular-kobra-dievakuasi-di-rumah-warga-1qeg9rYqc9.jpg Foto: istimewa

BOGOR - Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor mengevakuasi sebanyak 10 ekor anak ular kobra dari rumah warga dalam satu hari. Masyarakat diminta untuk waspada dan menjaga lingkungan.

Komandan Regu 2 Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Muhammad Ridwan mengatakan 10 ekor anak ular kobra itu dievakuasi dari rumah warga di Kecamatan Cileungsi dan Kecamatan Cibinong pada Kamis 4 November 2021.

"Kami dapat laporan warga ada masuknya beberapa ekor anak ular jenis kobra masuk ke dalam rumah. Di Cileungsi delapan ekor dan Cibinong ada dua ekor," kata Ridwan dikonfirmasi, Jumat (6/11/2021).

Baca juga:  Heboh, Evakuasi Ular Phyton 5 Meter yang Kerap Masuk Pekarangan Rumah

Anakan ular kobra itu sudah dievakuasi sementara ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor. Selanjutnya, ular akan dikembalikan ke habitatnya.

"Nanti akan kita kembalikan ke habitat aslinya yang jauh dari pemukiman warga," ungkap Ridwan.

Baca juga:  Bukannya Takut, Orang Ini Santuy Hadapi Ular Berbisa hingga Banjir Pujian

Ridwan menambahkan, saat mulai memasuki musim ular untuk bertelur dan menetas yakni pada Oktober-Desember. Karena itu, tak heran apabila sudah mulai masuk laporan temuan ular di sekitar pemukiman.

"Setiap tahun kita booming laporan ular kobra di berbagai lokasi. Beriring dengan masa ular itu menetas," jelasnya.

Karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetal bersih. Terutama membuat saringan di saluran-saluran air yang berpotensi menjadi celah masuk ular.

"Kalau warga kurang steril tentang wilayahnya sendiri, maka ular biasanya akan bersembunyi di balik tumpukan barang di rumah warga," tutup Ridwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini