Share

Banjir Rob Terjang Pelabuhan Kali Adem, Warga Sulit Beraktivitas

Yohannes Tobing, Sindonews · Jum'at 05 November 2021 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 338 2497388 banjir-rob-terjang-pelabuhan-kali-adem-warga-sulit-beraktivitas-4tNjxCnYWm.jpg Banjir rob Pelabuhan Kali Adem (Foto: Yohannes Tobing)

JAKARTA - Kenaikan air laut pasang atau yang lebih dikenal banjir rob telah merendam wilayah Pelabuhan Kali Adem, Kelurahan, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (5/11/2021).

Berdasarkan pantauan wartawan MNC Portal dilokasi banjir rob ini telah menggenangi seluruh wilayah Pelabuhan. Tak hanya itu saja, sejumlah pemukiman juga terkena imbas dari kenaikan air laut.

Meskipun air laut sedang meninggi, namun warga terlihat tidak khawatir bahkan terus melakukan aktivitasnya baik perjalanan melalui kapal hingga berdagang di sekitar pelabuhan.

Baca Juga: Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Belawan

Salah satu warga setempat Innah (50) menuturkan kondisi banjir rob ini sudah terjadi selama tiga hari terakhir dengan ketinggian hingga selutut orang dewasa.

"Kalau banjir memang hampir tiap hari, tapi sudah lama juga. Dan ini sudah tiga hari setinggi selutut," Kata Innah saat dijumpai di Lokasi.

Menurut pedagang kelontong ini, banjir rob di sebabkan limpahan air dari laut. Bahkan, hal ini sudah biasa terjadi di akhir tahun dan juga awal tahun. Meski demikian, aktivitas kapal tetap berjalan.

"Nggak tau, udah bisa air laut naik. Tapi memang disini tiap hari biasanya naik kecil, sekarang lagi besar terus. Tapi aktivitas kapal tetap jalan," ucapnya.

Baca Juga: Awas! Jakarta Utara Terancam Tenggelam 4,6 Meter Tahun 2050

Hal berbeda dikatakan Ade Irmas (30), dengan adanya banjir rob ini membuat aktivitasnya terganggu karena banyak penumpang kapal tidak berani mampir karena tingginya air.

"Mengganggulah, soalnya kita juga lagi jualan, tingginya air sampai sepaha orang dewasa, jadi gak berani orang (penumpang) ke sini," pungkasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(Ari)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini