Dua Kawasan Pesisir di Jakut Terendam Banjir Rob

Yohannes Tobing, Sindonews · Sabtu 06 November 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 06 338 2497725 dua-kawasan-pesisir-di-jakut-terendam-banjir-rob-ZoTkCFVxvy.jpg Banjir rob di daerah Penjaringan (foto: MNC Portal/Yohannes)

JAKARTA - Kenaikan air pasang laut atau yang lebih dikenal banjir rob telah merendam sejumlah wilayah Jakarta Utara, Sabtu (6/11/2021). Salah satunya di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Salah satu petugas keamanan di sekitar Suprapto mengatakan, banjir ini terjadi sejak pagi tadi dan sudah terjadi selama empat hari berturut turut karena air laut yang meluap.

"Banjir ini sudah dari jam 8 pagi tadi, tapi biasanya cepat surutnya. Ini (Banjir) juga biasanya terjadi cuma empat hari doang biasanya," ujar Suprapto saat ditemui lokasi.

Baca juga:  Banjir Rob Terjang Pelabuhan Kali Adem, Warga Sulit Beraktivitas

Menurut Suprapto, biasanya ketinggian banjir rob di sekitar bisa mencapai ketinggian 50 cm. Akibat pasangnya air laut ini, aktifitas perdagangan di sekitar menjadi terganggu.

"Cukup terganggu pastinya, karena kalau banjir motor jadi tidak bisa masuk dan barang juga tidak bisa keluar ataupun masuk jadinya sulit,"Ucap Suprapto.

Baca juga:  Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Belawan

Berdasarkan pantauan di lokasi, banjir ini telah menggenangi sejumlah ruas jalan utama di wilayah pelelangan ikan Nizam Zachman. Akibatnya, banyak pengendara baik motor maupun mobil mencari jalan pintas untuk menghindari terkena banjir. Adapun yang nekat melintas namun akhirnya mogok.

Selain itu, Banyak warga disekitar yang memilih menumpang truk besar untuk bisa melewati banjir ini baik yang berangkat ke kantor maupun pulang. Selain Muara Baru, banjir rob juga menerjang pemukiman warga di Muara Angke, Pluit, Penjaringan dan Pelabuhan Kali Adem sejak tadi pagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini