Share

Tanggul Kali Baru Jebol, Permukiman Warga Kramat Jati Kebanjiran

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Senin 08 November 2021 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 338 2498608 tanggul-kali-baru-jebol-permukiman-warga-kramat-jati-kebanjiran-BvtmJ3tvHe.jpg Tanggul jebol. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tanggul Kali Baru di kawasan HEK, RW 01 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur jebol diterjang derasnya air saat hujan melanda kawasan tersebut, Senin (8/11/2021) dini hari.

Ketua RT 10/01 Nemih mengatakan, jebolnya tanggul Kali Baru terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Tanggul tersebut tak mampu menahan derasnya debit air.

"Tanggul memang sudah lama retak-retak, waktu kemarin diguyur hujan sampai siaga dua akhirnya jebol enggak kuat nahan air," ujarnya di Jakarta Timur, Senin (8/11/2021).

Menurut dia, akibat jebolnya tanggul sejumlah rumah warga di empat RT yakni RT 01, RT 03, RT 04 dan RT 10 RW 01 terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter.

Baca juga: Tanggul Kali Cakung Jebol Ratusan Rumah Kebanjiran hingga 1,2 Meter

Tak hanya melanda permukiman warga, akibat jebolnya tanggul. Jalan Raya Bogor yang berada di sampingnya pun ikut terendam banjir dengan ketinggian 30 sentimeter.

"Ketinggian air paling parah ada di RT 01 mencapai setengah meter. Lokasi tanggul itu ada di empat RT," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia menuturkan, saat ini banjir berangsur surut setelah petugas melakukan penyedotan menggunakan pompa portabel. Untuk mengantisipasi banjir susulan pihaknya meminta petugas PPSU untuk memasang tanggul sementara berisikan lumpur yang dimasukkan ke dalam karung.

"Saya sudah minta untuk dipasang tanggul sementara dari pasir. Kalau tidak langsung segera dibenahi karena cuaca saat ini juga selalu hujan," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini