Share

5 Fakta Banjir di Berbagai Lokasi di Jakarta, Rel KRL Sampai Terendam

Mohammad Adrianto S, Okezone · Senin 08 November 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 338 2498627 5-fakta-banjir-di-berbagai-lokasi-di-jakarta-rel-krl-sampai-terendam-fMINAmyQPe.jpg Rel KRL terendam banjir. (Foto: IG @jktinfo)

JAKARTA - Hujan deras kembali mengguyur Ibu Kota Jakarta pada Minggu siang, (7/11/2021). Akibatnya, sejumlah wilayah tergenang dan beberapa sampai mengalami banjir.

Okezone merangkum sejumlah fakta mengenai banjir di Jakarta yang akan disajikan sebagai berikut.

1. Rendam Rel KRL

Hujan kemarin menyebabkan sejumlah stasiun di Jakarta terendam. Diketahui, rute Kebayoran-Pondok Ranji menjadi salah dua stasiun yang terdampak akibat genangan air.

Rute tersebut dapat dilalui oleh KRL, namun dengan kecepatan hanya lima kilometer per jam.

"#InfoLintas Info lanjut genangan air dampak hujan lebat, untuk perjalanan KA antara Stasiun Pondok Ranji-Kebayoran saat ini belum bisa dilalui dan untuk perjalanan KA antara Kebayoran-Pondok Ranji dapat dilalui dengan kecepatan 5 km/jam. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," ungkap akun resmi KRL Commuter Line @CommuterLine.

Baca juga: Banjir Rob, Sejumlah Motor Mogok di Kawasan Muara Baru

2. Sejumlah Titik Banjir

Adapun beberapa lokasi yang diketahui terendam banjir, yakni:

Bintaro, Jakarta Selatan

Petogogan, Jakarta Selatan

Kemang, Jakarta Selatan

Pejaten, Jakarta Selatan

Pondok Karya, Jakarta Selatan

Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan.

Pondok Pinang, Jakarta Selatan

Meruya Selatan, Jakarta Barat

Kampung Melayu, Jakarta Barat

Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Kembangan Selatan, Jakarta Barat

Ancol, Jakarta Utara

3. Siagakan 8 Posko

Di Pejaten Timur, Posko Banjir dan Pengungsian akam disiagakan di 8 titik lokasi demi mengantisipasi adanya banjir susulan.

"Setiap RW ada posko banjir. Kita sudah siagakan dan persiapkan posko banjir di tingkat RW itu ada di RW 3, 5, 6, 7, 8, 9, 10, dan satu di kelurahan," ujar Lurah Pejaten Timur, M Rasid di lokasi, Senin (8/11/2021).

4. Sempat Dievakuasi Menggunakan Perahu Karet

Sebelumnya, warga di wilayah Jalan Masjid Al Makmur Gang Buntu, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan terendam banjir. Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan melakukan monitoring dan mengevakuasi warga dengan perahu karet.

"Sebanyak 10 orang petugas Damkar DKI melakukan monitoring dan evakuasi warga yang terkena dampak banjir," tulis akun Instagram @humasjakfire.

Sementara itu, sebanyak 9 warga telah dievakuasi petugas ke Posko pengungsian di Masjid Al Makmur.

"Hingga pukul 00.45 WIB sudah terdapat 9 orang yang dievakuasi petugas dari rumahnya yang terkena dampak banjir. Posko pengungsian berada pada Masjid Al Makmur," lanjutnya.

5. Imbauan BPBD Terkait Cuaca Ekstrem

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga DKI Jakarta terkait potensi cuaca ekstrem di wilayah Ibu Kota. Cuaca ekstrem berdampak banjir di wilayah Jabodetabek pada Senin sampai Selasa 9 November 2021.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di DKI Jakarta. Terdapat potensi hujan lebat dengan dampak banjir/bandang pada Jakarta Timur dan Jakarta Selatan,” dikutip dari unggahan Instagram @bpbddkijakarta, Senin (8/11/2021).

Beberapa wilayah yang memiliki potensi hujan lebat untuk dampak banjir/bandang diperdiksi akan terjadi di wilayah Jabodetabek seperti Kota Jakarta Timur (Siaga), Kota Jakarta Selatan (Siaga), Kota Bogor (Siaga), Bogor (Siaga), Kota Bekasi (Siaga), Kota Depok (Siaga), Sukabumi (waspada), Cianjur (waspada) dan Tangerang (waspada).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini