Ular Sanca 4 Meter Bersarang di Atap Rumah Warga Cilebut

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Sabtu 13 November 2021 01:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 13 338 2501067 ular-sanca-4-meter-bersarang-di-atap-rumah-warga-cilebut-UwLlK8UYZD.JPG Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

BOGOR - Seekor ular sanca kembang sepanjang 4 meter berhasil dievakuasi dari atap rumah warga di Jalan Pendidikan Cilebut Barat, Kampung Pasarean, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Komandan Regu 2 Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor Muhamad Ridwan mengatakan evakuasi itu berawal dari laporan warga adanya ular di atap rumah pukul 19.31 WIB. Dari situ, pihaknya langsung bergerak ke lokasi kejadian.

"Tim menerima informasi dari warga ada seekor ular sanca di atap rumah yang memiliki ukuran cukup besar. Warga melapor ke pemadam kebakaran untuk penanganan," kata Ridwan, Jumat (12/11/2021).

Dengan beberapa alat seperti sarung tangan, senter hingga grabstick digunakan petugas untuk mengevakuasi ular. Tak lama, akhirnya ular dengan panjang sekitar 4 meter itu berhasil ditangkap.

"Panjangnya kurang lebih 4 meter. Kita serahkan (ular) ke pecinta reptil," jelas Ridwan.

Di samping itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak menjadi sarang tikus yang bisa mengundang ular.

"Jaga kebersihan lingkungan, terutama tumpukan barang-barang yang tidak terpakai yang bisa mengundang hewan pengerat seperti tikus. Pencegahan ular masuk rumah, bisa menggunakan wangi-wangian yang menyengat. Cegah juga rumah agar tidak lembap, tutup lubang saluran pembuangan air terutama di kamar mandi," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini