Share

Tanggulangi Dampak La Nina, Begini Upaya-Upaya Pemprov DKI

Komaruddin Bagja, Sindonews · Senin 15 November 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 338 2502045 upaya-upaya-pemprov-dki-dalam-menanggulangi-dampak-la-nina-PKGixoC4Nx.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan RPJMD program dari APBD yang dianggarkan 2017-2021 selalu mengupayakan program terkait upaya pencegahan banjir baik itu soal penanganan dan pengendalian.

"Alhamdulillah sampai hari ini secara umum kita lihat meskipun intensitas hujan yang tinggi genangan yang ada dengan cepat surut sehingga potensi banjir dapat dihindari. Semua kita lakukan berbagai program grebek lumpur seperti pengerukan sungai, waduk, situ, embung kemudian pembersihan selokan termasuk gorong gorong kemudian ada pembuatan sumur resapan yang sudah 67 persen lebih sudah lebih 18.111," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (151/11/2021).

Selain itu, berbagai program kegiatan waduk, situ, polder, pompa, ada 490 pompa stasioner 327 unit pompa damkar 428 unit total 1050 pompa yang siap di perbantukan untuk pencegahan dan penanganan banjir.

"Jadi berbagai program sudah kami laksanakan termasuk early warning sistem di kelurahan lebih dari 267 kelurahan terkait curah hujan. Jadi semua program pembuatan tanggul juga normalisasi kali juga sungai sudah. Semua berproses memerlukan waktu," tambahnya.

"Jadi sekali lagi penanganan banjir tidak bisa selesai 1-2 tahun tetapi perlu waktu yang panjang. Kita lihat di seluruh Indonesia di musim hujan ini banyak sekali di daerah daerah tergenang banjir berhari hari bahkan berminggu minggu," sambungnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, di Jakarta tidak ada genangan atau banjir hingga berhari hari.

"Tentu semua ini kita sikapi dengan baik dan bijak semua masyarakat kita minta untuk membantu sekitar semua dengan membuang sampah pada tempatnya membersihkan selokan got dan sekitarnya dan juga mempersiapkan di rumah masing masing tepatnya di daerah daerah yang selama ini berpotensi banjir. Harus menyiapkan seperti tangga, senter dan alat alat lainnya yang dibutuhkan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini