Share

Menengok Penampakan Bangunan di Atas Saluran Air di Kemang Jaksel

Ari Sandita Murti, Sindonews · Senin 15 November 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 338 2502096 menengok-penampakan-bangunan-di-atas-saluran-air-di-kemang-jaksel-SZNfvIoLD3.jpg Bangunan berdiri di atas air (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Polda Metro Jaya melaporkan adanya bangunan yang berdiri di atas saluran air di Jalan Kemang Utara, kawasan Bangka, Mampang, Jakarta Selatan. Bangunan ini berpotensi menyebabkan banjir di kawasan tersebut.

Berdasarkan pantauan, bangunan yang berdiri di atas saluran air tersebut lebih dari satu bangunan.

Di sisi lain, ada bangunan yang ada di atas saluran kali penghubung itu menjadi tempat usaha seperti resto dan kafe dengan berjejer di atas saluran air kali penghubung.

Bukan hanya sebagai tempat usaha, diduga ada sejumlah bangunan seperti rumah tinggal mewah pun berdiri di atas saluran air.

Bangunan berdiri di atas saluran air

Bangunan yang menjadi tempat usaha itu tampak bisa menembus ke kompleks perumahan warga, di mana kali penghubung juga mengarah ke tempat pemukiman penduduk di sana.

Adapun kawasan tersebut berada di Kemang Utara 33, Jalan Kemang Utara, RT 01/04, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan. Kawasan itu diketahui juga kerap direndam banjir.

Baca juga: Tanggulangi Dampak La Nina, Begini Upaya-Upaya Pemprov DKI

Petugas Sudin SDA Jakarta Selatan pun kerap melakukan pengerukan di saluran kali tersebut sampai saat ini.

Baca juga: Tembok Sekolah SMA 1 Lembang Jebol Diterjang Banjir, Puluhan Komputer Rusak Parah

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pemetaan pada bangunan yang berdiri diatas saluran air. Nantinya, pemilik bangunan itu bakal dipanggil untuk membahas soal bangunan tersebut.

Pasalnya, bangunan yang berdiri di atas saluran air berpotensi membuat terjadinya banjir di kawasan tersebut.

"Kita mapping dahulu saluran-saluran, khususnya yang tertutup di atasnya. Itu kan mengganggu sekali aliran sungai ketika naik sampah, kasur, kayu yang terbawa air akan nyangkut di situ, itu pelan-pelan kita sisir," katanya.

Baca juga: Wagub Ariza: Alhamdulillah di DKI Jakarta Tak Ada Banjir dan Genangan Berhari-hari

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini