Share

Antisipasi Banjir, 20 Sumur Resapan Rusak di Cilandak Diperbaiki

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 17 November 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 338 2503009 antisipasi-banjir-20-sumur-resapan-rusak-di-cilandak-diperbaiki-JvO0qEDBCN.jpg Sumur resapan di DKI Jakarta. (Foto: IG @dinas_sda)

JAKARTA - Pihak kecamatan Cilandak melakukan monitoring pada sejumlah sumur resapan yang rusak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Setidaknya, ada 20 sumur resapan yang rusak dan bakal diperbaiki.

"Kita juga perbaiki kembali sumur resapan yang nongol ke atas biar rata dengan jalan. Kemarin kita monitor ada 20 sumur resapan di Pondok Labu dan Lebak Bulus," ujar Plt Camat Cilandak, Djaharudin pada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, selain melakukan perbaikan pada sumur resapan di wilayah Cilandak, pihaknya juga bakal mengoptimalkan sumur resapan di wilayah yang kerap terjadi banjir. Karena itu perbaikan akan terus dipantau dan bakal pula dilakukan penambahan sumur resapan.

"Sumur resapan itu mengurangi durasi waktu banjir. Sedianya belum ada sumur resapan (banjir surut) lama, minimal ada sumur resapan mempercepat untuk penyerapan air ke tanah," tuturnya.

Baca juga: Kurang Setengah Jam, 10.000 Liter Air Terserap di Sumur Resapan Ibu Kota

Dia menambahkan, guna mengantisipasi banjir di kawasan Cilandak, pihaknya juga sudah melakukan pengecekan dan memastikan mesin pompa air di wilayah rawan banjir dan genangan, yakni Pondok Labu dan Lebak Bulus sudah berfungsi dengan baik. Diharapkan, bisa meminimalisir terjadinya banjir ataupun genangan.

"Hasil di lapangan, pompa air sudah siap. Personel dan alatnya berfungsi baik untuk penanganan banjir dan genangan," katanya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini