Satpol PP Siap Bongkar Bangunan di Atas Saluran Air Kemang

Ari Sandita Murti, Sindonews · Kamis 18 November 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 18 338 2503787 satpol-pp-siap-bongkar-bangunan-di-atas-saluran-air-kemang-USH1gAGizC.jpg Bangunan berdiri di atas saluran air. (Foto : MNC Portal)

JAKARTA - Satpol PP Jakarta Selatan siap mendukung Sudin SDA Jakarta Selatan untuk menertibkan bangunan yang ada di saluran air penghubung Bungur, Kemang Utara 33, Jalan Kemang Utara, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan.

"Kalau dari satpol PP kita siap membantu mendukung yang semata-mata kita menginginkan wilayah Jakarta Selatan ini aman dan nyaman, mengantisipasi bangunan yang menghalangi saluran air," ujar Kasatpol PP Jakarta Selatan, Ujang Hermawan pada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Meski begitu, ia menjelaskan, persoalan penertiban atau pembongkaran bangunan dimaksud tak serta-merta bisa segera dilakukan. Itu karena ada sejumlah tahapan penertiban yang harus dilalui sesuai aturan yang berlaku.

"Pelanggaran ini adalah pelanggaran peraturan daerah. Ada tahapan tersendiri untuk kita memberikan pendekatan, pemberitahuan, dan sosialisasi. Ini kan pada tahapan peraturan daerah dalam petunjuk teknis," tuturnya.

Menurutnya, tahapan tersebut dimulai dari sosialisasi dan pembinaan, lalu pemberian surat peringatan atau SP 1, SP2, dan SP3 serta pemberitahuan pelaksanaan penertiban. Jika semua tahapan itu telah dilalui, pembongkaran pun bisa dilakukan. Apalagi bila pemilik bangunan tak mengindahkan tahapan tersebut.

Baca Juga : Camat Tegaskan Bangunan di Atas Saluran Air di Kemang Jaksel Akan Dibongkar

"Kita ini menunggu permintaan dari SDA (Sudin Sumber Daya Air Jaksel) ke pak Wali Kota (Jakarta Selatan), kita siap bantu. Kita memang diberikan kewenangan untuk itu (eksekusi pembongkaran), kita ada tim terpadu, tapi tetap SDA melaporkan dahulu ke Pak Wali Kota karena kan bagian bangunan mana yang berada di atas saluran air itu datanya di SDA," katanya.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini