Tersangka Pembunuhan Anggota TNI di Depok Segera Disidang

Rio Erfandi, MNC Portal · Selasa 23 November 2021 06:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 338 2505900 tersangka-pembunuhan-anggota-tni-di-depok-segera-disidang-nF9ggZPUOq.jpg Berkas lengkap, tersangka pembunuhan anggota TNI di Depok segera disidang (Foto: Rio Erfandi)

DEPOK - Berkas tersangka kasus pembunuhan anggota TNI Sertu Yohan Lopo dan penusukan warga inisial A yakni, Ivan Viktor Detham (28) sudah lengkap (P21) secara formil dan materil. Tersangka pun akan segera disidang.

"Bahwa Ivan Viktor Dethan (28) yang sebelumnya ditetapkan tersangka oleh penyidik Polres Metro Depok pada Senin 21 November 2021 telah diserahkan kepada Jaksa Peneliti Kejari Depok beserta barang bukti pisau yang digunakan untuk melakukan perbuatannya, ujar Kasi Intel Kejari Depok, Andi Rio Rahmat, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga:   Sakit Hati Diejek, Pria di Malang Nekat Habisi Nyawa Istrinya

Lebih lanjut Andi, mengatakan bahwa dalam kasus tersebut Kejaksaan Negeri Depok telah menunjuk tiga Jaksa Penuntut Umum di mana untuk menangani kasus ini terdiri dari Alfa Dera, Adhi Prasetya Handono dan Ramdhan.

"Kami telah menunjuk tiga (3) Jaksa Penuntut Umum untuk melakukan pemeriksaan tersangka dan barang bukti yang diserahkan Penyidik Polres metro Depok," sambungnya.

"Selanjutnya tersangka tersebut sudah kami lakukan penahanan di rumah tahanan negara untuk dua puluh hari kedepan dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Depok untuk menjalani proses penunutut," terangnya.

Sementara itu, Ivan Viktor Detham alias Ivan pada Senin 22 November 2021 ditahan di rumah tahanan negara selama 20 hari ke depan. Andi menambahkan, selanjutnya jaksa dalam waktu dekat akan segera melimpahkan ke Pengadilan Negeri Depok untuk proses persidangan.

Ivan sendiri akan didakwa dengan tiga pasal yaitu Pasal 338 KUHP subsider, Pasal 351 Ayat (3) KUHP dan Pasal 351 Ayat (1) KUHP. Di mana, yang bersangkutan diketahui disangkakan atau didakwakan melakukan perbuatan menghilangkan nyawa orang lain.

Baca Juga:  Wanita Muda yang Diduga Bunuh Diri, Ternyata Dibunuh Calon Suami

Seperti diketahui, bahwa sebelumnya ramai diberitakan dengan penemuan mayat di Jalan Patoembak, Kelurahan Hajarmukti, Kecamatan Cimanggis, Depok pada 23 September lalu. Diketahui bahwa jasad tersebut adalah anggota TNI, Sertu Yorhan Lopo. Korban ditemukan tak bernyawa terlebih dengan luka tusuk di bagian dada.

Selain Yorhan, adapun satu korban lainnya yakni warga sipil berinisial A yang juga mengalami luka tusuk pada bagian paha. Ivan selaku pembunuh ditangkap polisi pada 23 September di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini