Pura-Pura Sholat, Maling Bobol Kotak Amal Masjid di Ciracas

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Selasa 23 November 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 338 2506129 pura-pura-sholat-maling-bobol-kotak-amal-masjid-di-ciracas-EZQtVYr2Ci.jpg Maling terekam CCTV curi kotak amal (Foto: Tangkapan layar CCTV)

JAKARTA - Maling nekat beraksi mencuri kotak amal Masjid Jami Baiturrahim di Ciracas, Jakarta Timur. Kejadiannya pada Senin 22 November 2021 sekira pukul 22.22 WIB.

Menurut Sekretaris DKM Baiturrahim, Puryono, saat itu kejadian kondisi masjid dalam keadaan sepi. "Setelah Sholat Isya itu saya masih melihat ada isinya. Nah, setelah subuh baru sadar kok kotak amalnya kosong," kata Puryono di Jakarta Timur, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga:  Terekam CCTV, Maling Gondol Motor Cleaning Service di Cengkareng

Usai mendapati isi kotak amal raib, Puryono mengecek kamera pengawas atau CCTV masjid untuk mengetahui penyebab pasti hilangnya uang di dalam kotak amal tersebut. "Habis Sholat Subuh langsung saya setel (mengecek) CCTV dan betul saja kotak amal dicuri oleh seorang pria yang berpura-pura sholat," ujarnya.

Dalam rekaman CCTV masjid, pelaku terlihat mengambil sejumlah uang di dalam kotak amal dengan cara membobol kunci dengan alat yang dibawa. Jumlah uang yang dicuri dalam kotak amal tersebut mencapai Rp500 ribu.

"Kayaknya pelaku ini udah profesional, dia tahu celah-celahnya. Kapan waktu masjid kosong enggak ada orang. Pas membobol kotak amal juga kelihatan tenang. Kalau uangnya itu sekitar Rp300-Rp500 ribu," tuturnya.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Sindikat Becak Hantu yang Resahkan Warga

Menurut penjaga masjid, Sumanto, pencurian kotak amal di Masjid Baiturrahim sudah kerap terjadi. Pencurian ini, lanjut dia, sudah dua kali terjadi. Untuk mengantisipasi hal serupa, pihak DKM Baiturrahim berencana memasukkan kotak amal ke dalam kantor sekretaris DKM.

"Sekarang untuk mencegah pencurian terjadi lagi, kotak amal mulai sekarang setelah Isya disimpan di kantor sekretaris," tuturnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini