Sarang Tawon di Atap Rumah, Begini Aksi Damkar Selamatkan Penghuni

Okto Rizki Alpino, Sindonews · Rabu 24 November 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 338 2506941 sarang-tawon-di-atap-rumah-begini-aksi-damkar-selamatkan-penghuni-PDSoTW0noX.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Personel Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon dari atap rumah warga di Jalan Kayu Putih Utara 3 D No 123 RT 3/08, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Rabu (24/11/2021).

Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, penghuni rumah dibuat resah atas keberadaan sarang tawon tersebut.

"Posisi sarang tawon ada di atap rumah top floor lantai 2. Ketinggiannya itu 30 cm dari lantai," kata Gatot di Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021).

Menurut dia, kawanan tawon yang bersarang di rumah milik Shinta merupakan jenis Vespa Affinis yang memiliki diameter 50 sentimeter. Jika dibiarkan berkembang biak tawon jenis ini berbahaya dan mampu mematikan manusia dalam waktu singkat.

Baca juga: Damkar Evakuasi Dua Sarang Tawon di Jakbar

"Kalau dilihat dari sarangnya sudah enam bulan kurang lebih dan sudah beranak pinak, populasinya juga sudah banyak," ucapnya.

Baca juga: Dramatis! Begini Evakuasi Sarang Tawon Vespa Affinis dari Lantai 3 Rumah Warga Duren Sawit

Gatot menuturkan, dalam mengevakuasi sarang tawon sebesar buah labu itu pihaknya menerjunkan satu unit mobil light rescue beserta empat personel.

"Sebelum kita evakuasi sarang tawon kita semprot menggunakan cairan bahan bakar agar tawon yang berada didalam bisa keluar," tuturnya.

Setelah berhasil dievakuasi, sarang tawon dibawa petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan Jakarta Timur untuk dimusnahkan. "Untuk pelayanan Damkar DKI Jakarta silahkan masyarakat dapat menghubungi call center di 112 atau di WA 0811-9197-113. Pelayanan kami tidak dipungut biaya," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini