Share

Temui Aksi Buruh, Gubernur Anies Pastikan Sudah Surati Formula Penetapan UMP DKI Jakarta

Jonathan Nalom, MNC Media · Senin 29 November 2021 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 338 2509043 temui-aksi-buruh-anies-pastikan-sudah-surati-formula-penetapan-ump-dki-jakarta-x0Rdf8Y2Ib.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan temui buruh di depan Balai Kota (foto: MNC Portal/Jonathan))

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menemui serikat pekerja yang melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Kota DKI Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pantauan MNC Portal Indonesia, Senin (29/11/2021). Orang nomor satu di Jakarta itu keluar dari kantornya dan langsung menemui para demonstran. Anies berdiri di tengah-tengah serikat pekerja, para buruh langsung menyambut Anies dan duduk mengelilingi Anies.

Baca juga:  Demo Buruh di Balai Kota Jakarta Ricuh, Massa Lempar Botol dan Dorong Pagar

Sesampainya, Anies langsung menyerukan ‘Hidup Buruh’ yang dilontarkan kepada massa aksi. Hal itu langsung disambut tegas oleh serikat pekerja dengan ujaran yang sama ‘Hidup Buruh’!.

Kepada buruh, Anies menyatakan, bahwa upah minimum provinsi (UMP) yang diterapkan di Indonesia tidak cocok untuk diterapkan di wilayah DKI Jakarta.

“Tetapi, ketika ditetapkan untuk tahun 2022, hanya 0,85 persen, kami pun berpandangan ini angka yang terlalu kecil untuk buruh di Jakarta,” ujar Anies kepada massa.

Baca juga:  Soal UMP, Kadin: Pengusaha dan Buruh Saling Membutuhkan

Saat itu, Anies juga memastikan kepada massa bahwa jajarannya telah bersurat kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Hal ini mengenai formula penetapan UMP untuk wilayah DKI Jakarta.

“Kita mengirimkan surat formulanya (UMP) harus memberikan rasa keadilan. Jadi itu sudah kami kirimkan dan sekarang kita sedang fase pembahasan, kita berkeinginan agar di Jakarta baik guru maupun pengusaha merasakan keadilan. Betul kan? Kan adil itu harus semuanya bukan harus adil?” lanjut Anies.

Ujaran tersebut kemudian disambut sorak-sorai massa. Massa juga memberikan apresiasi kepada Anies, terlihat mantan Mendikbud itu disambut dengan tepuk tangan massa.

Saat ini, aksi masih berlangsung di depan Balai Kota. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Patung Kuda pun masih ditutup. Adapun massa masih memenuhi badan sampai bahu jalan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini