Reuni 212 di Masjid Azzikra, Polda Metro: Sejalan dengan Keputusan Satgas Covid-19

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 30 November 2021 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 338 2509613 reuni-212-di-masjid-azzikra-polda-metro-sejalan-dengan-keputusan-satgas-covid-19-uHksxDNlnH.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya Endra Zulpan (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyebutkan pihaknya mengapresiasi panitia yang tidak jadi melaksanakan Reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha Monas Jakarta Pusat pada 2 Desember 2021 mendatang.

Hal tersebut ia sampaikan usai Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji melakukan rapat koordinasi di Mapolda Metro Jaya pada Selasa (30/11/2021) Pukul 10.00 - 13.00 WIB.

"Terkait dengan kegiatan 212, Polda Metro Jaya mengapresiasi panitia 212 yang menyatakan tidak akan melakukan kegiatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya baik itu di Patung Kuda maupun di tempat lain," ujar Endra Zulpan.

Ia menyebutkan hal tersebut sesuai dengan keputusan Satgas Covid-19 DKI Jakarta yang tidak memberi izin kerumunan atas kegiatan reuni 212 di wilayah DKI Jakarta.

"Tentunya ini sejalan dengan keputusan Satgas Covid-19 DKI Jakarta yang telah mengeluarkan keputusan tidak memberikan rekomendasi terhadap kegiatan-kegiatan bersifat mengumpulkan masyarakat," tambah Endra Zulpan.

Baca juga: Pimpinan DPD RI Minta Reuni 212 Dibatalkan karena Masih Pandemi

Lebih lanjut, ia menyebutkan hal ini juga sejalan dengan instruksi pemerintah, sekiranya bisa menghindari kerumunan massa dan masyarakat terkait pandemi Covid-19. Polda Metro Jaya pada prinsipnya mengapresiasi dan mengutamakan keselamatan masyarakat.

Baca juga: Polri Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19 Terkait Izin Reuni 212

"Ini merupakan langkah kepolisian untuk mencegah penularan Covid-19 dengan meminimalisir terjadinya kerumunan atau pengumpulan banyak orang. Sehingga kami mengapresiasi atau menghormati dengan adanya keputusan dari pengurus maupun panitia 212 yang telah menyatakan tidak akan melakukan kegiatan reuni di wilayah hukum Polda Metro Jaya," pungkas Endra Zulpan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Ketua Panitia Reuni 212, H. Eka Jaya menyebutkan pelaksanaan reuni 212 tidak jadi dilaksanakan di Patung Kuda Monumen Nasional Jakarta Pusat, melainkan diputuskan digelar di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut dia sampaikan dalam keterangan pers nya terkait reuni 212 Tahun 2021 yang rencananya dilaksanakan pada Kamis 2 Desember 2021.

"Acara Reuni 212 adalah milik Umat Islam, bahkan milik Bangsa Indonesia, sehingga kami betul betul sangat perhatikan Aspirasi Umat dan masukan dari para ulama dan tokoh serta pihak terkait dalam setiap Acara Reuni 212," ujar Eka Jaya, Senin 29 November 2021 sore.

Ia menjelaskan acara Reuni 212 kapan & dimana saja digelar wajib menjaga ciri khas 212 yaitu Persaudaraan & Persatuan, Keamanan & Perdamaian, Ketertiban & Kebersihan, serta Akhlaq Karimah.

"Terkait Acara Reuni 212 tahun 2021 ini banyak umat berharap tahun ini digelar secara terbuka tepat pada Kamis, 2 Desember 2021, karena aneka acara dimana-mana sudah diizinkan digelar secara terbuka," terang dia.

Baca juga: PA 212 Pindahkan Reuni Akbar ke Ponpes Az Zikra Bogor, Wagub Ariza: Kita Hargai

Panitia Reuni 212 tahun 2021dikatakannya telah bekerja keras mengurus perizinan tempat yaitu di Lapangan Monas (sesuai sejarah 212 itu sendiri) dan di Bundaran patung kuda dan berkomunikasi dengan berbagai pihak.

"Namun setelah mendengar masukan dari para Ulama dan Tokoh 212 serta paparan dari pihak lainnya maka panitia Reuni Akbar 212 memutuskan pelaksanaan Reuni 212 Tahun akan diadakan secara terbatas dengan menerapkan Protokol Kesehatan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat sekaligus do,a bersama untuk Almarhum Ust Ameer Azzikra putra alm. KH M Arifin Ilham dan disiarkan secara virtual dan live streaming," ungkap Eka Jaya.

Baca juga: Cegah Kasus Covid-19 Melonjak, Warga Menolak Reuni 212

Ia meminta untuk Alumni 212 diberbagai daerah dianjurkan membuat acara yang sama dengan tetap menjaga Ciri Khas 212 dan Prokes.

"Menghimbau dan mengintruksikan kepada seluruh Alumni 212 untuk mengadakan aksi kemanusiaan berupa pembagian paket sembako, bedah rumah, membersihkan tempat ibadah, membersihkan sungai, pengobatan gratis dan lain sebagainya," pungkas Eka Jaya.

Ia berharap agar ditahun depan reuni 212 bisa berkumpul kembali dalam suasana persaudaran dan persatuan. Keterangan pers tersebut juga ditandatangani oleh Steering Committee Ust H Yusuf Muhamaad Martak, KH Ahmad Shabri Lubis, KH Muhyidin Junaedi, KH Nasir Zen, dan Ust Slamet Ma'arif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini