Soal Reuni 212 di Patung Kuda, Wagub Ariza Khawatir Picu Kerumunan

Dominique Hilvy Febiani, MNC Media · Rabu 01 Desember 2021 02:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 338 2509948 soal-reuni-212-di-patung-kuda-wagub-ariza-khawatir-picu-kerumunan-8PwZETp7fd.jpg Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: MPI)

JAKARTA - Mencuat rencana terbaru soal reuni Aksi 212 yang bukan hanya digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor. Namun, juga akan digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dirinya belum mengetahui adanya rencana aksi Patung Kuda. "Saya baru tahu. Setahu saya di masjid sentul,” kata Ariza di Balai Kota, Selasa (30/11/2021).

“Terakhir laporan yang kami terima sudah ada rapat para panitia dan kami pemprov kemudian dengan Polda Metro dan instansi terkait. Sebetulnya di situ panitia sendiri sudah menyepakati dan sejauh yang kami tahu akan dilakukan di Sentul,” imbuhnya.

Baca Juga: Reuni 212 di Masjid Azzikra, Ridwan Kamil Ingatkan PPKM Level 3 Jelang Nataru

Ariza khawatir apabila acara Aksi 212 digelar di Patung Kuda karena bisa memicu kerumunan. “Khawatir nanti mengganggu ketertiban umum, terjadi kerumuman yang tidak bisa dikontrol karena tempatnya terbuka, bukan di masjid, bukan di Masjid Istiqlal umpamanya, bukan di stadion senayan. Itu kan tempat lebih terbuka yang Patung Kuda,” katanya.

Kendati Ariza mengapresiasi panita penyelenggara yang akan menggelar acara Reuni 212 pada 2 Desember mendatang. Reuni 212 akan diadakan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Kami menyambut baik, menghormati, senang, bersyukur tidak ada kegiatan di Monas karena memang belum dibuka juga tidak ada kegiatan di Patung Kuda. Untuk itu, kami bersyukur dan senang bahwa panitia PA 212 berencana pada tanggal 2 nanti dilaksanakan di Sentul, di Az-Zikro tempat Ustadz Arifin ilham,” ujarnya.

Baca Juga:  Wagub Ariza Belum Bisa Pastikan Hadiri Reuni 212

Sebagai informasi, Polres Bogor belum mengizinkan adanya kegiatan berkumpul dalam jumlah massa besar. Hal ini sebagai isyarat kepada panitia Reuni 212 yang rencanya mengadakan zikir akbar di Masjid Az- Zikra Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis 2 Desember 2021.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, hingga hari ini belum mendapatkan pemberitahuan dari panitia Reuni 212. Demikian juga kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor.

"Belum (ada pemberitahuan). Ke Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor juga belum ada," ujar Kapolres kepada MNC Portal.

Harun mengingatkan, kegiatan berkumpul dalam jumlah besar belum bisa diizinkan. Sebab, wilayah Kabupaten Bogor masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

"Kabupaten Bogor masih PPKM Level 3, belum mengizinkan kegiatan berkumpul dengan jumlah besar," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Reuni 212 H Eka Jaya menyampaikan, Reuni 212 yang awalnya direncanakan di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, dialihkan ke Masjid Az-Zikra Sentul. Acara akan diisi dengan zikir akbar.

"Acara Reuni 212 milik umat Islam, bahkan milik bangsa Indonesia, sehingga kami betul-betul sangat perhatikan aspirasi umat dan masukan dari para ulama, tokoh serta pihak terkait dalam setiap acara Reuni 212," kata Eka, Senin 29 November 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini