Share

Ada Penutupan Jalan Cegah Aksi Reuni 212, Polda Metro Minta Maaf

Indra Purnomo, MNC Portal · Kamis 02 Desember 2021 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 338 2510728 ada-penutupan-jalan-cegah-aksi-reuni-212-polda-metro-minta-maaf-2kZMpnZLJT.jpg Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan (foto: MNC Portal)

JAKARTA - Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta maaf kepada pengendara roda empat maupun roda dua akibat adanya penutupan jalan di kawasan Patung Kuda dan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, yang mengakibatkan kemacetan. Penutupan jalan ini merupakan upaya pencegahan massa aksi damai Reuni 212, Kamis (2/12/2021).

"Polda Metro akan memberikan pelayanan masyarakat khususnya di bidang lalu lintas ya yang berlalu lintas di pagi hari. Kami mohon maaf kalau ada pengalihan di seputaran kuda. Itu saja kalau yang lain normal," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (2/12/2021).

Baca juga:  Antisipasi Massa Reuni 212, Petugas Sekat Akses Menuju Masjid Azzikra Sentul

Zulpan membeberkan, bahwa pihaknya tidak menyiapkan pengamanan khusus dalam mengantisipasi Reuni 212. Karena, kegiatan tersebut tidak mengantongi izin kepolisian dan Satgas Covid-19 DKI Jakarta.

"Jadi Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin untuk kegiatan tersebut. Kita hanya mengantisipasi saja, artinya agar tidak ada kerumunan orang di wilayah khususnya Patung Kuda. Sehingga di seputatan wilayah itu memang ada pengalihan arus lalu lintas. Jadi tidak ada hal yang khusus perkuatan tidak ada hanya kegiatan rutin saja yang dilakukan anggota di lapangan," ucapnya.

 Baca juga: Polisi Bakal Pidana Massa Aksi Reuni 212 yang Nekat Terobos Kawasan Patung Kuda

Lebih lanjut, Zulpan memasikan kondisi masyarakat hari ini akan berjalan baik-baik saja. Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap beraktivitas seperti biasa.

"Jadi saya imbau masyarakat biasa saja, tidak ada apa-apa, aman-aman aja. Aktivitas normal, hanya itu aja, mohon maaf kalau akibat pengalihan arus ini jadi berputar ya," katanya.

Terdapat 12 titik pengalihan maupun penutupan arus di sekitar Istana Merdeka terkait aksi Reuni 212 yaitu:

1. Jalan Veteran Raya menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup

2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Medan Merdeka Utara juga ditutup, kendaraan dialihkan ke Jalan Perwira.

3. Penutupan juga dilakukan di Jalan Medan Merdeka Selatan arah Monas, kendaraan dari arah Tugu Tani dialihkan melewati Medan Merdeka Timur.

4. Penutupan juga dilakukan di Patung Kuda, kendaraan dialihkan ke Jalan Kebon Sirih.

5. Penutupan arus juga dilakukan di Jalan Budi Kemuliaan, kendaraan hanya bisa lurus di Jalan Abdul Muis.

6. Pengalihan arus di Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat.

7. Penutupan arus di Jalan Majapahit, kendaraan dialihkan menuju Jalan Juanda.

8. Pengalihan arus menuju Jalan Veteran Raya.

9. Pengalihan arus dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Majapahit.

10. Kendaraan dari Jalan Kebon Sirih dialihkan menuju Jalan Wahid Hasyim.

11. Kendaraan dari Jalan Wahid Hasyim dialihkan menuju Jalan Kebon Sirih, jalan menuju Patung Kuda ditutup.

12. Penutupan di Jalan Sunda, kendaraan dari Jalan Agus Salim dialihkan menuju Jalan Wahid Hasyim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini