Share

Polda Metro Pastikan Tak Ada Massa Reuni 212 Masuk Kawasan Patung Kuda

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Kamis 02 Desember 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 338 2510844 polda-metro-pastikan-tak-ada-massa-reuni-212-masuk-kawasan-patung-kuda-JzdH6cipEp.jpg Aksi reuni 212 (Foto: MNC Portal)

JAKARTA - Massa aksi Reuni 212 mulai berdatangan sejak Kamis (2/12/2021), pagi tadi. Namun, tak ada satu pun masa yang berhasil masuk atau mengadakan aksi reuni di kawasan Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan memastikan bahwa saat ini situasi aman dan terkendali.

"Jadi siang ini pukul 12.20 wib saya ingin menyampaikan situasi terkini artinya sampai saat ini kaitannya dengan situasi 212 yang ada di Jakarta khususnya Patung Kuda dan sekitarnya, sampai dengan siang ini syukur alhamdulillah situasi terkendali aman ya," kata Zulpan di Monas, Jakarta.

"Khusus untuk wilayah Patung Kuda maupun Monas dan sekitarnya yang memang situasi ini memang wilayahnya tidak diperkenankan untuk kegiatan reuni karena tidak ada izin dari PMJ. Sampai dengan siang ini tidak ada kelompok elemen masyarakat yang masuk ataupun yang lakukan kegiatan berkumpul ataupun reuni di Patung Kuda dan sekitar," imbuhnya.

Baca juga: Massa Reuni 212: Disuruh Pulang ya Kita Pulang

Meski demikian, Zulpan tak menampik bahwa sekira pukul 10.00 WIB kurang lebih 500 orang peserta aksi mencoba masuk ke kawasan Patung Kuda. Namun, berhasil dihalau oleh kepolisian.

Baca juga: Massa Reuni 212 Salawatan di Sekitar Tugu Tani

"Pada pukul 10.00 WIB sempat ada kurang lebih 500 orang ya nah ini ada merupakan bagian juga dari kelompok masyarakat yang ingin lakukan reuni yang mencoba masuk ke Patung Kuda yaitu mereka yang mau masuk ke Jalan Wahid Hasyim. Namun tim dari Polda Metro dibantu dengan Polres Metro Jakarta Pusat dan unsur Brimob yang ada di lapangan serta temen-temen dari TNI juga ini memberikan imbauan secara humanis kepada masyarakat tersebut agar tidak melakukan kegiatan lanjutan untuk kumpul di Patung Kuda," ujarnya.

Lebih lanjut, Zulpan menambahkan bahwa dengan diberi pemahaman akan ada sanksi apabila memaksakan kehendak massa aksi Reuni 212 membubarkan diri.

"Jadi sempat tadi mereka berkumpul di Wahid Hasyim ya beberapa saat, namun setelah diberi pemahaman terkait aturan hukum dan juga dampak yang terjadi jika mereka melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda ini akan dapat sanksi-sanksi apabila tetap memaksakan kehendak. Nah syukur alhamdulillah masu bisa paham dan setelah itu bubarkan diri," tuturnya.

Baca juga: Antisipasi Massa Reuni 212 di Bogor, 1.300 Personel Gabungan Dikerahkan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini