Transjakarta Tabrak Pospol, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Sopir

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 03 Desember 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 338 2511375 transjakarta-tabrak-pospol-polisi-dalami-dugaan-kelalaian-sopir-sJjRLcWcnU.jpg Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono (Foto: Erfan Maaruf)

JAKARTA - Polisi menduga ada kelalaian sopir bus Transjakarta yang menabrak pos polisi hingga hancur di Cililitan, Jakarta Timur, Kamis 2 Desember 2021. Namun, masih akan terus didalami kepolisian.

"Sementara, patut diduga ada kelalaian di sopir. Tapi kita akan lakukan pemeriksaan yang lebih detail dan mendalam," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga:  Bus Transjakarta Kecelakaan di Depan Ratu Plaza Senayan, Lalu Lintas Macet

Pihak kepolisian menduga faktor kecelakaan berasal dari sopir. Sebab, sopir mengaku bahwa sebuah dongkrak yang berada di ruang kemudi bus tersebut jatuh dan menimpa pedal gas hingga bus hilang kendali.

"Alasannya itu karena dongkrak itu menggelinding saat putar balik, terus nyangsang di pedal gasnya. Tapi harusnya kan kalau gitu dia bisa injak rem, kenapa tidak ada bekas pengereman," tutur Argo.

Ditambahkan Argo, ini baru dugaan awal. Pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan lebih mendalam guna memastikan penyebab kecelakaan tersebut.

"Jadi kita harus betul-betul detail. Apakah unsur ceritanya betul seperti itu, atau ada kelalaian yang lain. Nanti kita buktikan, dilakukan langkah-langkahnya semua yang memang berkaitan dengan unsur sehingga terjadinya peristiwa kecelakaan," tegasnya.

Baca Juga:  Kronologi Lengkap Transjakarta Tabrak Pos Polisi hingga Hancur

Pihaknya juga masih belum dapat menyatakan bahwa sopir yang bersalah. Perlu dibuktikan secara ilmiah adanya kelalaian tersebut.

"Jadi kita tidak bisa langsung menyatakan sopir salah. Tapi kalau dari beberapa cerita terbukti, sopir itu lah kita kenakan," tuturnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini