Share

Imbas Kecelakaan Beruntun, Operasional 229 Bus Transjakarta Dihentikan Sementara

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Senin 06 Desember 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 338 2512715 imbas-kecelakaan-beruntun-operasional-229-bus-transjakarta-dihentikan-sementara-X7hwN8Qh6O.jpg Dirut PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya (Foto : MNC Portal/Refi Sandi)

JAKARTA - Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta memanggil jajaran direksi PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Senin (6/12/2021). Pemanggilan itu terkait rentetan kecelakaan bus Transjakarta dalam beberapa waktu belakangan.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya, dalam pertemuan tersebut menyebut telah memberhentikan sementara 2 operator.

"Pemberhentian operasi kepada 2 operator yang mengalami kecelakaan dengan total 119 unit (Steady Safe) dan 110 unit (Mayasari Bakti) atau 229 unit yang kami grounded," kata Yana di ruang rapat Gedung DPRD, Jakarta Pusat.

Yana menyebut, selama pemberhentian operasi kedua operator wajib melakukan pengecekan menyeluruh, pengecekan fisik pramudi hingga perbaikan standar operasi prosedur (SOP).

"Selama pemberhentian operasi, operator wajib melakukan pengecekan menyeluruh terhadap armada; meliputi brake, steering, engine, transmisi, dan lain sebagainya. Pengecekan kesehatan fisik dan mental seluruh pramudi," ujarnya.

Baca Juga : Transjakarta Tabrak Pospol, Polisi Dalami Dugaan Kelalaian Sopir

"Perbaikan SOP dalam berkendara, salah satunya adalah mengatur peletakan barang di kabin dan juga kewajiban untuk dilakukan briefing pramudi sebelum beroperasi," katanya.

Yana menuturkan, jika evaluasi menyeluruh telah dilakukan, PT Transjakarta akan menilai apakah bus itu bakal diizinkan kembali beroperasi atau tidak.

"Setelah armada dan pramudi sudah diperiksa secara menyeluruh dan perbaikan SOP disetujui oleh Transjakarta, maka Transjakarta akan memutuskan unit dan pramudi dapat dioperasikan kembali atau tidak," tuturnya.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia dilokasi rapat masih terus berlangsung. Selain anggota Komisi B DPRD hadir pula Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Plt Kepala Badan Pembina (BP) BUMD DKI Jakarta Riyadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini