Pengemudi Avanza Bobol Kotak Amal Masjid di Koja Terekam CCTV

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 06 Desember 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 338 2512853 pengemudi-avanza-bobol-kotak-amal-masjid-di-koja-terekam-cctv-SrNzLqCEUk.jpg Pencurian kotak amal terekam CCTV. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Seorang pengemudi mobil Avanza hitam membobol uang kotak amal milik Masjid Jami Bahrul Falah yang berada RT 06 RW 09 Jalan Melur Tugu Lima, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Aksi pencurian kotak amal inipun terekam kamera pengawas setempat. Berdasarkan rekaman CCTV, pelaku mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam terlihat datang ke masjid menggunakan mobil Avanza hitam.

Sesampainya di depan masjid, pelaku sempat lama berada dalam mobil. Kemungkinan pelaku mencoba melihat situasi sekitar dari dalam mobil.

Melihat kondisi sepi, pelaku kemudian turun dari mobilnya serta berjalan menuju kotak amal putih yang terpasang di halaman masjid.

Pelaku tampak memakai masker dan membawa peralatan yang diduga sebuah obeng. Dengan obeng tersebut, pelaku membobol kotak amal masjid yang digembok.

Baca juga: Tercekik Utang Pinjol, Dua Pemuda Nekat Bobol Kotak Amal

Ketua RT 06/09 Zainal Abidin mengatakan, pembobolan kotak amal ini terjadi sekitar pukul 4.00 WIB pada Minggu (5/12/2021) dini hari kemarin.

“Pencurinya satu orang yang terlihat, menggunakan mobil Avanza atau Ertiga berwarna hitam. Orangnya memakai baju putih, agak tinggi,” kata Zaenal saat ditemui di lokasi, Senin (6/12/2021).

Menurut Zaenal, berdasarkan rekaman CCTV. Pelaku membobol kotak amal yang digembok dengan menggunakan obeng yang dibawa. Kemudian dalam hitungan detik pelaku berhasil membawa uang dalam kotak amal dan kabur.

Adapun isi uang dalam kotak amal tersebut, Zaenal memastikan jika uang yang diambil oleh pelaku berjumlah kecil. "Biasanya diisi bukan yang ini, tapi yang di pinggir jalan itu yang jaring amal jariyah yang isi uangnya kelihatan,” ucapnya.

Zaenal menambahkan pencurian uang kotak amal di masjid Jami Bahrul Falah sudah terjadi beberapa kali “Tiga kali sama ini. Dulu siang hari orang ngambil langsung pergi, enggak perlu nyongkel-nyongkel lagi dia,” tuturnya.

Atas kejadian ini, Zaenal mengatakan pihaknya telah melaporkan pencurian tersebut ke group wasap yang di dalamnya terdapat anggota bhabinkamtibmas. "Saya cuma kirim ke WA ke grup, jadi biar semua yang di wilayah sini pada tahu. Insya Allah nggak terjadi lagi lah," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini