Bus Transjakarta Tabrak Pos Polisi di PGC Akibat Sopir Melamun

Irfan Ma'ruf, iNews · Senin 06 Desember 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 338 2512908 bus-transjakarta-tabrak-pos-polisi-di-pgc-akibat-sopir-melamun-HxmZkhqo6P.jfif Bus Transjakarta tabrak pos polisi di PGC, Jaktim, Kamis (2/12/2021). (Ist)

JAKARTA - Polisi telah memeriksa sejumlah saksi kasus bus Transjakarta tabrak pos polisi di PGC, Jakarta Timur. Kecelakaan itu diduga akibat sopir yang melamun dan hilang konsentrasi.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, pihaknya telah memeriksa Kepala Bagian Operasional, mekanik, dan sopir bus Transjakarta. Dari hasil pemeriksaan, kecelakaan terjadi akibat human error.

"Sementara hasil pemeriksaan sampai dengan detik ini patut diduganya kesalahan di human errornya dari si sopir," kata Argo saat dihubungi melalui telepon, Senin (6/12/2021).

"Si sopir ini melamun jadi enggak konsentrasi. Intinya pada saat putar balik dia tidak bisa membalikkan lagi setirnya akhirnya mobil itu kan bablas tuh lurus tuh," ujarnya.

Argo mengatakan, saat kendaraan menabrak dan lompat ke trotoar, dongkrak menggelinding. Kemudian karena dongkraknya gelinding dan menginjak gas kecepatan mobilnya bertambah.

Baca Juga : Dishub Sebut Terjadi 248 Kecelakaan Bus Transjakarta sejak September 2021

"Jadi begitu naik trotoar nabrak kan benturan pertama tuh dongkraknya gelinding karena kan lompat. Nah setelah gelinding abis itu busnya tetap jalan lagi. Akhirnya di situ dia pakai alasan dongkraknya. Tapi awalannya memang ketidakhati-hatian si sopir," tuturnya.

Penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap mekanika bus ini kan mobil tahun 2017 yang memiliki teknologi baik. Meski demikian dia menyebut pihaknya akan melakukan gelar perkara.

"Tapi nanti kami akan gelar dulu mungkin hari Rabu kita akan gelar baru nanti ditingkatkan status tersangka dari hasil gelar itu," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini