Share

Dishub DKI Jakarta Akan Gunakan Teknologi Awasi Sopir Bus Transjakarta

Komaruddin Bagja, Sindonews · Selasa 07 Desember 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 338 2512989 dishub-dki-jakarta-akan-gunakan-teknologi-awasi-sopir-bus-transjakarta-mJIbJl9B27.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Transjakarta terus berulang. Jumlah kecelakaan lalu lintas dari moda transportasi umum di Ibu Kota itu mencapai 275 hingga Oktober 2021 kemarin.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penyebab kecelakaan lantaran sopir kelelahan dan kelalaian pun masih kerap ditemukan. Sehingga, pihaknya akan menggunakan teknologi pemantau tingkat kelelahan dan rasa kantuk pada Pramudi bus Transjakarta.

"Tentu terkait dengan hal ini kita akan gunakan teknologi ya. Sekarang sudah ada berbagai teknologi yang nantinya bisa dimanfaatkan. Sehingga nantinya itu petugas kita bisa mengawasi mana pengemudi yang kelihatan capek, terlihat konsentrasinya berkurang. Dari sini bisa diberikan peringatan ke mereka," kata Syafrin di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Menurut dia, sebenarnya teknologi pengawas sopir Transjakarta itu sudah ada sejak dua tahun lalu. Namun, urung digunakan.

Ke depannya, ia akan mendorong PT Transjakarta menyiapkan alat tersebut sehingga diharapkan angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Baca juga: Bus Transjakarta Tabrak Pos Polisi di PGC Akibat Sopir Melamun

"Tentu ini yang akan kami dorong untuk segera diimplementasikan oleh rekan-rekan Transjakarta. Kita pahami bahwa prinsip adalah manajemen operator bus, sehingga mereka harus melakukan kontrol penuh terhadap capaian standar pelayanan minimun yang sudah ditetapkan Pak Gubernur. Pak Gubernur telah menetapkan Pergub 13 tahun 2019, dan ini yang harus dicapai," tuturnya.

Baca juga: DPRD DKI Sebut Direksi Transjakarta Rapat Sambil Nonton Striptis

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini