Libur Nataru, Check Point Ganjil Genap Menuju Puncak Bakal Ditambah

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 338 2513839 libur-nataru-check-point-ganjil-genap-menuju-puncak-bakal-ditambah-qZl4RgWslC.jpg Jalur Puncak (Foto: Putra R)

BOGOR - Pos pengamanan ganjil genap menuju kawasan Puncak, Bogor bakal ditambah pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut untuk memperketat mobilitas warga guna menekan penyebaran Covid-19.

"Kita tetap laksanakan ganjil genap. Tapi untuk secara spesifiknya masih kita koordinasikan dengan pusat. Namun, kita antisipasi seperti biasanya kita lakukan ganjil genap seperti biasa dan mungkin akan kita tambahkan pos-pos pengamanan terkait Nataru ini dan juga tetap penekanan terkait dengan prokes itu sebenarnya menjadi hal yang utama," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga:  8 Titik Jalan di Kota Bandung Bakal Terapkan Ganjil Genap saat Nataru

Termasuk menambah pos pengamanan atau check point baru di jalan alternatif. Sedangkan, untuk rencana penutupan Jalur Puncak ketika malam Tahun Baru masih menunggu arahan dari pusat.

"Tahun ini bisa memungkinkan untuk ditutup, tapi nanti kita akan lihat dulu keputusan pusat gimana, kita selaraskan dari pusat. Jalan tikus sudah kita amankan semua. Di alternatif semua sudah kita sekat ada check point dan nanti akan kita tambahkan pos-pos yang baru atau check point baru," tutur Harun.

Meski begitu, sejauh ini kawasan wisata Puncak cenderung menunjukan penurunan wisatawan dalam beberapa pekan terakhir. Kemungkinan, destinasi wisata sudah terbagi dengan wilayah lainnya.

"Kalau melihat dari beberapa minggu ini kita lihat intensitasnya sudah mulai menurun. Ini mungkin di daerah Jakarta sendiri sudah terbuka. Jadi orang tidak melulu ke Bogor, ke Puncak lagi kalau kita lihat mulai berkurang tidak seperti yang di awal-awal sekarang sudah mulai menurun karena di tempat lain (wisata) sudah mulai buka," tuturnya.

Baca Juga:  Ganjil Genap di Depok Terbagi Menjadi Tiga Segmen, Ini Penjelasannya

Di samping itu, untuk penerapan ganjil genap baru yakni di ruas Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akan diselaraskan kebijakan dari pusat. Pada intinya, siap mengikuti aturan yang diterapkan.

"Kalau memang sudah ada rilisnya mengikuti kita, kita tetap menerapkan ganjil genap karena Bocimi ganjil genap. Tapi, nanti kita akan melihat dari atas dulu penerapan aturannya seperti apa. Tentunya kita akan selaraskan dengan atas atau pusat," tutup Harun.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini