Share

40 Penumpang dari Luar Negeri Positif Covid-19 di Bandara Soetta

Isty Maulidya, Okezone · Kamis 09 Desember 2021 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 338 2514392 40-penumpang-dari-luar-negeri-positif-covid-19-di-bandara-soetta-21bQgOwgNy.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

TANGERANG - Sebanyak 40 penumpang asal luar negeri terkonfirmasi positif Covid-19, sesaat setelah mendarat di Indonesia. Mereka diketahui terinfeksi virus Covid-19 setelah menjalani tes PCR setelah tiba di Terminal 3 Bandara Soetta.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko menuturkan bahwa, 40 sample positif tersebut ditemukan sejak dilakukan pencegahan masuknya Covid-19 varian Omicron ke wilayah Indonesia pada akhir November 2021 lalu.

“Semua yang positif kami dapatkan di Bandara Soekarno-Hatta itu kami kirimkan ke Badan Litbangkes untuk dilakukan genom sequencing,” jelas Darmawali kepada wartawan, Kamis (9/12/2021).

Baca juga:  Lebih dari 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air hingga Hari Ini

Seluruh sampel langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan untuk mengetahui varian dari sampel tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, pihak KKP Bandara Soetta belum menerima informasi bahwa sample positif yang diserahkan terdapat varian Omnicron.

"Sampai hari ini, belum dapat info dari Badan Litbangkes bahwa ada hasil genom sequencingnya yang merupakan varian B.1.1.529 atau biasa disebut Omicron," tuturnya.

 Baca juga: RSDC Wisma Atlet Rawat 129 Pasien Covid-19

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Handoko menjelaskan, untuk mengetahui varian B.1.1.529 atau Omicron harus dilakukan oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Karena metode genom sequencing tidak dapat dilakukan oleh laboratorium-laboratorium PCR biasa.

"Untuk mengetahui varian Covid-19 yang bisa mengeluarkan dari Kemenkes adalah Badan Litbangkes. Karena genom sequencing tidak bisa dengan lab PCR yang biasa. Dia harus pemeriksaan yang lebih spesifik sehingga bisa ditemukan apakah genom ini sesuai dengan omicron atau tidak," jelas Handoko.

Adapun seluruh penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini telah mendapatkan penanganan dan dirawat di sejumlah hotel dan juga di Wisma Atlet Pademangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini