Share

Anies Baswedan Gunakan Konsep Jauh Jadi Dekat untuk Pulau Seribu

Carlos Roy Fajarta, · Minggu 12 Desember 2021 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 338 2515714 anies-baswedan-gunakan-konsep-jauh-jadi-dekat-untuk-pulau-seribu-Fr0UbgiloL.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tangkapan layar Youtube akuna Anies Baswedan)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menggunakan konsep buat jauh jadi dekat untuk membahas tentang pembangunan kesetaraan kehidupan di Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Kali ini saya akan menyampaikan suatu perspektif yang dimiliki kala berbicara tentang Kepulauan Seribu. Meski secara geografis letaknya jauh dari titik pusat kota. Namun, lewat ragam upaya kita mampu membuatnya dekat," ujar Anies Baswedan dalam video pendek dari Pendopo yang ia unggah dalam akun YouTube Anies Baswedan pada Sabtu (11/12/2021).

Dirinya menyebutkan pembahasan kepulauan Seribu menjadi penting untuk dibahas karena ia hendak menghadirkan kesetaraan dengan daratan Jakarta seperti janji kampanye yang disampaikan Anies Baswedan saat Pilkada DKI pada 2017 silam.

Baca juga: Ganjar Pranowo Makan Mi di Warkop, Sebungkus Kurang Dua Kebanyakan


Baca juga: Bobby Joseph Ditangkap Kasus Narkoba di Kalideres Jakbar, Ini Barang Buktinya

"Saat kita bertugas di Jakarta ada janji nomor 14 tentang kepulauan seribu, mengatasi ketimpangan antara kawasan dataran dengan kepulauan," terang Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengungkapkan ketimpangan yang ada di 5 kota administrasi di Jakarta dengan satu kabupaten di Kepulauan Seribu kedepannya harus setara.

"Pulau Seribu bukan soal menyiapkan kapal, fasilitas air minum, pasar kesehatan, pendidikan, pasar. Itu yang bisa di foto," kata Anies Baswedan.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Tapi kata Anies Baswedan ada yang lebih mendasar adalah perasaan kesetaraan.

"Memastikan warga kepulauan seribu merasa menjadi satu bagian dari keluarga besar warga Jakarta. Ketika mereka merasakan pelayanan yang sama seperti daratan. Menjadi Indonesia adalah menjadi kesatuan. Menjadi Jakarta adalah menjadi kebersamaan," jelas Anies Baswedan.

Anies Baswedan menyebutkan pihaknya terus mengupayakan membuat kota Jakarta maju dan warganya bahagia. Namun untuk mewujudkan kebahagiaan tersebut salah satunya adalah mengurangi ketimpangan.

"Yang kemajuan bisa kita foto, tapi kebahagiaan ada di hati masing-masing. Membangun Jakarta bukan saja apa yang nampak di foto, tapi kebersamaan. Setahap demi tahap, ketimpangan menjadi keseteraan. Sehingga fenomena dunia dalam konteks Jakarta ketimpangan antar wilayah di Jakarta mengalami penyempitan. Mudah-mudahan Jakarta daratan dan Jakarta Kepulauan setara dalam semua aspek. Kita menuju ke sana," pungkas Anies Baswedan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini