Share

Ada Berapa Pulau di Kepulauan Seribu dan Berapa yang Berpenghuni? Ini Kata Anies Baswedan

Carlos Roy Fajarta, · Minggu 12 Desember 2021 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 338 2515738 ada-berapa-pulau-di-kepulauan-seribu-dan-berapa-yang-berpenghuni-ini-kata-anies-baswedan-gjPu0JvybE.jpeg Pulau Pramuka salah satu pulau di Kepulauan Seribu. (Foto: pulau-pramuka.com)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan, meskipun disebut sebagai Kepulauan Seribu, namun sesungguhnya jumlah pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu berjumlah 110 pulau.

Hal tersebut disampaikan Anies Baswedan saat membahas tentang pembangunan kesetaraan kehidupan di Kabupaten Kepulauan Seribu dalam video pendek Dari Pendopo yang ia unggah dalam akun YouTube Anies Baswedan pada Sabtu (11/12/2021).

"Ini sebenarnya yang namanya Kepulauan Seribu itu ada berapa sih pulaunya. Ini bisa jadi tebakan sebenarnya. Ada yang bilang Pulau Seribu karena jumlah pulaunya ada seribu. Namanya memang Kabupaten Kepulauan Seribu tapi jumlah pulaunya 110 pulau," ujar Anies Baswedan. 

Dari total 110 pulau tersebut, kata Anies, yang berpenduduk ada 11 pulau. Sehingga total masyarakat yang harus dilayani ada 11 Pulau, sekitar 7 ribu kepala keluarga (KK), atau sekitar 27 ribu orang di kawasan ini. Bila dibandingkan dengan kecamatan yang ada di daratan jumlah tersebut sangat kecil.

Baca juga:  Anies Baswedan Gunakan Konsep Jauh Jadi Dekat untuk Pulau Seribu

"Kecilnya penduduk bukan berarti kecilnya pelayanan, bukan berarti tertinggal. Dan di situlah letak tantangan. Republik ini didirikan untuk siapa saja di Nusantara yang alami nya kepulauan. Jika di Ibu kota saja kawasan kepulauan tertangani baik, maka ini pesan soal waktu saja semua tertangani," terang Anies Baswedan.

Menangani Kepulauan Seribu dapat memberikan semangat optimis ke seluruh Indonesia.

"Di Pulau Jawa, DKI Jakarta bukan satu-satunya provinsi yang memiliki Kepulauan, di Banten ada 60 pulau, di Jawa Tengah ada 33 Pulau, di Jawa Barat ada 19 Pulau, tapi Jakarta ada 110 pulau. Warga di kepulauan mayoritas nelayan dan pariwisata. Ini sektor utama di kepulauan seribu," ungkap Anies Baswedan. 

Pemprov DKI Jakarta dikatakannya terus berupaya memenuhi kebutuhan hidup yang layak untuk Kepulauan Seribu. 

"Untuk hidup dengan layak kebutuhan dasar terpenuhi, seperti air, tempat tinggal, kebutuhan pangan dan lainnya," pungkas Anies Baswedan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini