Share

Anies: JIS Dibiayai Uang Pajak Warga Jakarta, Bukan Hadiah Perusahaan

Antara, · Minggu 12 Desember 2021 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 338 2515929 anies-jis-dibiayai-uang-pajak-warga-jakarta-bukan-hadiah-perusahaan-K01XWbugjM.jpg Jakarta International Stadium (JIS)/ Antara

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, bahwa proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) dibiayai dari uang pajak warga Jakarta. Kendati demikian, Anies belum merinci total investasi untuk proyek JIS tersebut.

(Baca juga: Adzan Berkumandang di JIS, Gubernur Anies: Sangat Syahdu)

"JIS adalah kebanggaan bagi warga Jakarta. Ini dibiayai lewat uang pajak dari seluruh warga Jakarta. Jadi, bukan hadiah dari perusahaan A, perusahaan B, tapi ini sebuah kerja besar dari pajak rakyat Jakarta dan kita boleh bersyukur, boleh bangga," kata Anies di Jakarta, Minggu (12/12/2021).

 (Baca juga: Jakarta International Stadium Makin Cantik Usai Seluruh Atap Terpasang, Anies Baswedan: Selamat Pagi dari JIS!)

Oleh karena itu, dia berharap warga Jakarta dapat segera mendatangi JIS ketika pembangunan sudah selesai. Diketahui, realisasi proyek pembangunan JIS telah memasuki pekan ke-118 dan mencapai 87,85 persen.

Dalam kesempatan itu, Anies memaparkan bahwa proyek yang dikerjakan sejak 2019 tersebut melibatkan setidaknya 4.000 pekerja.

Meski terhalang pandemi Covid-19, pembangunan JIS tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat karena seluruh pekerja tidak diperkenankan untuk keluar-masuk proyek.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menilai bahwa JIS adalah sebuah proyek yang masif. Salah satu pekerjaan terberat, yakni pengangkatan rangka atap baja seberat 3.900 ton.

"Ini proses masif yang membutuhkan lebih dari sekadar kerja keras, tapi kerja penuh ilmu pengetahuan, kerja penuh akurasi, penuh perencanaan. Boleh kita katakan bahwa ini adalah suatu proyek yang mengagumkan dari 2019 ke 2021 ini," kata Anies.

Saat ini, pembangunan JIS telah memasuki tahap akhir. Sejumlah pekerjaan bagian dalam (interior) tengah dilaksanakan, seperti pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast tribun penonton, pemasangan lampu, hingga pemasangan sistem audio (sound system).

JIS tercatat masuk dalam 10 stadion termegah di dunia, berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021.

JIS masuk dalam daftar ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikat bangunan ramah lingkungan (green building) level platinum pada aspek pengakuan disain (design recognition).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini