Share

Warga Kepulauan Seribu Utara Dilatih Ternak Lobster

Yohannes Tobing, Sindonews · Senin 13 Desember 2021 05:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 338 2515999 warga-kepulauan-seribu-utara-dilatih-ternak-lobster-CsNXJCrEi1.jpg Warga Kepulauan Seribu dapat pelatihan ternak lobster (Foto : MPI/Istimewa)

JAKARTA - Warga Kepulauan Seribu mendapat pelatihan ternak lobster oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pelatihan tersebut diberikan kepada Kelompok budi daya ikan (Pokdakan) binaan di Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti hasil kajian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang menyatakan perairan Kepulauan Seribu sangat potensial untuk pengembangan budi daya lobster.

"Karang lebar itu kawasan perairannya bersih dan minim endapan lumpur. Ini habitat yang baik dan potensial untuk budi daya lobster, karena saat ini lobster primdona," kata Devi saat dikonfirmasi, Senin (13/12/2021).

Devi mengatakan dalam materi yang diberikan yakni, pengenalan bibit lobster, sistem budi daya, pendampingan, teknologi budi daya hingga pengadaan bibit, serta teknik baru budi daya lobster.

Baca Juga : Demi Urus Ternak, Pengungsi Gunung Merapi Memilih Pulang

Selain itu, lokasi budi daya lobster tersebut bisa dijadikan tempat lokasi budi daya ini nantinya bisa menjadi destinasi eduwisata baru di Kepulauan Seribu.

"Kami berharap di awal tahun sudah bisa dimulai," ucapnya.

Ditambahkan Devi, budi daya lobster ini dinilai dapat mendongkrak ekonomi warga Kepulauan Seribu yang terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya, saat ini lobster tengah menjadi idola santapan masyarakat.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini